ISLAM itu indah-----ISLAM itu sempurna dan ISLAM itu rahmatan lil 'alamin-----JANGAN Hanya menilai ISLAM dari pengikut / umatnya...!-----tapi Nilai lah ISLAM dari ajarannya...!-----Pelajarilah...!-----Jika Tidak Tahu Bertanyalah Pada Ahlinya-----maka anda akan mengetahui betapa menakjubkanya Islam bagi kehidupan manusia

Senin, 07 Januari 2013

Kenapa Harus dengan Al Hadits . . . ?


Soal: Bagaimana cara anda meluruskan orang yang berkeyakinan bahwa kita hanya cukup mengikuti Alquran saja tanpa perlu mempelajari Al-hadits? Sebutkan dengan dalil dan penjelasan menurut bahasa anda sendiri secara urut dan sistematis sehingga mudah dipahami!

Jawab : ketika kita ingin meluruskan suatu hal yang menyimpang dari kebenaran maka yang paling utama adalah kita tahu diri dengan kadar ilmu yang kita miliki. Karena jika kita berdakwah tanpa ilmu maka kerusakan yang ditimbulkan akan lebih besar dari kebaikan yang diharapkan. Maka dari itu Pentingnya berilmu sebelum beramal dan berdakwah.
Diantara hal-hal yang harus diperhatikan dalam berdakwah, khususnya meluruskan orang yang berkeyakinan bahwa kita hanya cukup mengikuti Alquran saja tanpa perlu mempelajari Al-hadits adalah:
1.      Berdakwah mengikhlaskan niat semata-mata untuk menegakkan kalimat Allah dan sunnah Rosulullah.
2.      Berdakwah dengan hikmah (berilmu, perkataan yang baik, sopan, kasih sayang, lemah lembut).
3.      Menggunakan bahasa yang sopan dan tidak bersifat mendikte atau mengajari.
4.      Tidak terpancing emosi.
5.      Kebutuhan Al-Quran terhadap sunnah lebih besar dibanding kebutuhan As-Sunnah terhadap Al-Quran. Karena seorang muslim tidak mungkin memahami Al-Quran dengan benar dan mengamalkannya dengan baik keculai harus merujuk kepada penjelasan dan tafsir Rosulullah Shalallahu ‘alaihi wasalam.
Dalilnya firman Allah subhanahu wata’ala
﴿يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ (59)
“hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah taatilah RosulNya, dan ulil amri diantara kamu”. (QS. An Nisa’ [4]: 59)
Syaikhul Islam rohimakumullah berkata: ‘tidak terdapat perselisihan diantara umat, bahwa sunnah sebagai landasan agama yang independen dan sumber kedua bagi ajaran islam, maka wajib wajib bagi kaum muslimin, bahkan seluruh umat manusia untuk mengambil, berpegang teguh dan menjadikan Sunnah sebagai hujjah dalam agama, ketika telah mendapat hadits dengan sanad yang shohih dari Rasulullah.
1)    Jika kita ingin termasuk dalam golongan orang – orang yang beriman  sebagaimana yang Allah seru dalam permulaan ayat maka kita tidak hanya diperintahkan untuk mentaati Allah saja tetapi kita juga diperintahkan untuk mentaati Rosulullah shalallahu ‘alaihi wasalam dan ulil amri.
2)    Perintah mengikuti perintahkan untuk mentaati Allah berarti mengharuskan kita untuk menerapkan semua kandungan Al-Quran.
3)    Perintah mengikuti Rasul melazimkan untuk mengikuti sunnahnya.
4)    Jika kita hanya mengikuti Al Quran saja tanpa mempelajari Al Hadits, maka kita tidak akan bisa melaksanakan shalat, karena dalam Al Quran tidak menjelaskan cara shalat dan waktu utuk mengerjakannya, lalu mengapa kita berkata bahwa kita tidak perlu mempelajari Al-hadits.
5)    Perintah untuk mengikuti dan mempelajari Al Hadits bukanlah perintah dari manusia tetapi itu adalah perintah langsung dari Allah.
6)    Kita tidak perlu takut tersesat dengan mengikuti Rosulullah shalallahhu ‘alaihi wasalam, karena Allah memiliki para utusan yang dijamin ma’sumdalam menyampaikan pesan agama. Sehingga wajib ditaati dalam setiap ketetapan agama dan syariat.
7)   Bersabar dalam berdakwah, karena berdakwah tidak bisa instan, membutuhkan waktu, jika hari ini dakwah kita belum bisa diterima semoga besok ia bisa menerimanya, jika tidak hari esok semoga minggu depan, jika tidak semoga bulan depan, jika tidak semoga tahun depan, dan seterusnya. Bahkan Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasalam saja berdakwah sampai akhir hayat beliau. Nabi Nuh ‘alaihis salam
8)   Senantiasa mendoakan orang yang berkeyakinan bahwa kita hanya cukup mengikuti Alquran saja tanpa perlu mempelajari Al-hadits dayah dan dia diberi kemudahan untuk menerima kebenaran.

((Akidah Muslim: Ustadz Zaenal Abidin Bin Syamsudin))
oleh: el-asnawi 

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post