ISLAM itu indah-----ISLAM itu sempurna dan ISLAM itu rahmatan lil 'alamin-----JANGAN Hanya menilai ISLAM dari pengikut / umatnya...!-----tapi Nilai lah ISLAM dari ajarannya...!-----Pelajarilah...!-----Jika Tidak Tahu Bertanyalah Pada Ahlinya-----maka anda akan mengetahui betapa menakjubkanya Islam bagi kehidupan manusia

Jumat, 09 November 2012

BERDZIKIR



KHUTBAH KE- 1
Ma’asyiral muslimin rohimani rohimakkkumullah
Berdoa dan Berdzikir kepada Allah merupakan kesibukan yang terbaik, dan cara paling utama bagi seseorang untuk mendekatkan diri kepada Allah yang maha suci dan maha tinggi, berdoa dan berdzikir adalah kunci segala kebaikan yang akan diperoleh seorang hamba di dunia dan akhirat, pencegah segala bentuk  keburukan, mendatangkan berbagai manfaat dan menolak datangnya bahaya.
Dan bila seorang hamba selalu selalu berdoa dan berdzikir , selalu memohon perlindungan kepada Allah dari berbagai kebburukan. Niscaya hatinya menjadi tenang karena ingat kepada Allah , Allah berfirman
الا بذكر الله تطمئن القلوب
Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang (QS. Ar-Ro’d : 28)
Ma’asyiral muslimin rohimani rohimakkkumullah
Syaikhul Islam ibnu taimiyah rohimakumullah mengatakan “tidak diragukan lagi, bahwa sesungguhnya doa dan dzikir adalah termasuk ibadah yang sangat utama. Ibadah itu harus didassari dengan sikap ittiba’ yaitu mengikuti petunjuk Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasalam dengan konsekuen dan istiqomah bukan mengikuti hawa nafsu dan bukan pula mengada-mengada, membuat sesuatu yang baru yang tidak ada contohnya.
Imam ibnul qoyyim rohimakumullah berkata: Dzikir yang paling baik dan paling bermanfaat, adalah doa dan dzikir yang diyakini dengan hati, diucapkan dengan lisan dilaksanakan dengan istiqomah dari doa dan dzikir yang di contohkan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam, serta orang yang melakukannya memahami makna-makna dan maksud yang terkandung di dalamnya.
Banyak kta jumpai buku dzikir dan doa di toko2 buku,,,, banyak yang sesuai dengan sunnah bahkan ada buku doa dan dzikir yang sangat berbahaya yaitu orang yang menulis doa dan dzikir yang dikarang-karang sendiri, tidak ada asalnnya dari Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam. Dibuat, dirangkai, disusun menurut ra’yu (akal) dan hawa nafsunya, diberikan judul yang indah dan menarik, tapi isinya adalah jimat wafaq, isim-isim dan potongan huruf Arab yang tidak bisa dipahami yang sudah jelas buatan manusia, menyesatkan dan syirik kepada Allah…
Oleh karena itu ummat islam wajib berhati2 jangan sampai memiliki, menghafal dan mengamalkan doa, dzikir, wirid, yang tidak ada contohnya dari Rosulullah shalallahu ‘alaihi wasallam
Dan yang perlu kita pahami jamaah sekalian ketika kita berdoa dan berdzikir hendaklah kita tidak mengeraskan suara apalagi sampai mengganggu saudara kita yang ada disekelilin kita, Rosulullah menghabarkan dalam salah satu hadistnya bahwa kelak ada tujuh golongan yang akan dilindungi Allah pada hari kiamat yang mana tidak ada perlindungan selain perlindungan nya salah satunya Nabi menyebutkan :
ورجل ذكر الله خاليا ففاضت عيناه........
Seorang yang berdzikir kepada Allah dalam keadaan sepi/sendiri, lalu mengalirlah air matanya (iapun menangis) (HR. Bukhori)
Dan juga mari kita perhatikan Firman Allah dalam surat Al-A’rof : 55) Allah berfirman
ادعوا ربكم تضرعا وخفية إنه لا يحب المعتدين
Artinya : Berdoalah kepada Robbmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allh tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. (QS. Al-a’raf: 55)
بارك الله لى ولكم فى القران العظيم ونفعنى واياكم بما فيه من اللأيات والذكر الحكيم... اقول قولى هذا وأستغفرالله لى ولكم ولسائرالمسلمين واستغفروا الله انه هو الغفور الرحيم..............
KHUTBAH KE- 2
Dalam sebuah hadits dari abu Musa Al-Asy’ari rodhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Orang2 mengangkat suara ketika bertakbir dan berdoa kemudian rosulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
يا أيها الناسن اربعوا على أنفسكم فإنكم لا تدعون أصم ةلا غائبا، إنكم تدعون سميعا قريبا، وهو معكم.
Wahai sekalian manusia, kasihanilah diri kalian, sesungguhnya kalian tidak berdoa kepada Rabb yang tuli dan tidak juga jauh. Sesungguhnya kalian berdoa kepada Rabb yang Maha Mendengar lagi maha dekat, dan Dia bersama kalian (HR. Bukhori, Muslim)
By: el-asnawi

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post