ISLAM itu indah-----ISLAM itu sempurna dan ISLAM itu rahmatan lil 'alamin-----JANGAN Hanya menilai ISLAM dari pengikut / umatnya...!-----tapi Nilai lah ISLAM dari ajarannya...!-----Pelajarilah...!-----Jika Tidak Tahu Bertanyalah Pada Ahlinya-----maka anda akan mengetahui betapa menakjubkanya Islam bagi kehidupan manusia

Rabu, 25 Desember 2013

Teman Yang ideal

Alangkah menyenangkan bila bisa berteman dgn orang yang pintar, berilmu sekaligus baik akhlaqnya. Tutur bahasa yang santun, adem, sejuk, dan menyenangkan; kian melengkapi kedalaman ilmu yang dimilikinya. Pertemanan pun menjadi semakin bermanfaat dan berkah.

Diantara pembagian sahabat, sosok teman (friend) kita terbagi menjadi 4 macam:
 

1. Memiliki ilmu dan sekaligus memiliki akhlaq.
2. Memiliki ilmu, tapi kurang memiliki akhlaq.
3. Kurang memiliki ilmu, tapi memiliki akhlaq.
4. Kurang memiliki ilmu sekaligus kurang memiliki akhlaq.
 

 Apa maksud dari ke empat kategori diatas ?

1. Yang paling afdhal dan diharapkan tentu bisa berteman dengan kategori yang pertama. Berteman dengan orang yang berilmu sekaligus berakhlaq tentu akan memberikan efek ketenangan batin; dan pada saat yang sama kita bisa mengambil faedah ilmu yang banyak darinya. Sempurna.

2. Berteman dengan orang yang berilmu namun kurang berakhlaq,
di satu sisi kita masih bisa mendapatkan manfaat ilmiah yang bagus untuk agama kita; namun di sisi lain kita harus siap kecipratan imbas yang tidak nyaman atas akhlaqnya yang kurang baik, semisal lagak bicara yang arogan, terkesan kaku, kasar, atau kurang bisa berlaku santun terhadap sesama.

3.
Berteman dengan sosok yang ketiga, kurang berilmu namun akhlaqnya baik. Minimal kita bisa mencontoh akhlaqnya atau nyaman hidup kita karena efek positif dari kebagusan akhlaqnya. Adapun kurangnya ilmu yang ada pada dirinya, ya namanya manusia tentu tak ada yang sempurna. Ilmu bisa diambil dari pihak yang lain.

4. Yang paling mengenaskan adalah figur teman ke-4. Manfaat apa yang bisa diambil dari orang yang miskin ilmu miskin akhlaq? Ilmu tidak bertambah, justru hati terasa selalu sumpek karena dampak dari ketidak bagusan akhlaqnya.

Aku berharap bisa berteman dengan tipe teman 1, 2, & 3. Kalau ada tipe 4 aku doakan semoga Allah merubahnya menjadi lebih baik. Amin.


From : https://www.facebook.com/abana.fidinika
Publish :  26 Desember 2013, 09:09 WITA
Place : Sangatta - Kutai Timur - Kalimantan Timur - Indonesia


el-asnawi

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post