ISLAM itu indah-----ISLAM itu sempurna dan ISLAM itu rahmatan lil 'alamin-----JANGAN Hanya menilai ISLAM dari pengikut / umatnya...!-----tapi Nilai lah ISLAM dari ajarannya...!-----Pelajarilah...!-----Jika Tidak Tahu Bertanyalah Pada Ahlinya-----maka anda akan mengetahui betapa menakjubkanya Islam bagi kehidupan manusia

Senin, 09 Maret 2015

Lemah Lembutlah Wahai Yang Mengaku Salafy

Syekh Dr Musa Muhammad alu Nashr hari ini nulis di group wa dakwah di indonesia sbb:

Terlihat sikap sebagian para pemuda kita dan anak-anak kita Salafiyyiin; tajam dalam tutur kata,  keras dalam membantah,  serta kasar dalam bergaul dengan sesama ikhwan mereka atau dengan selain mereka.

Sikap seperti ini menyelisihi petunjukny Al-Quran dan petunjuk Rosululloh عليه السلام , serta menyelisihi manhaj dakwah kita & para ulama kita,  serta manhaj para masyaikh kita.

Ar-Rifqu (kelembutan & kebijaksanaan) merupakan fondasi suksesnya seorang yang berdakwah kepada الله, sebagaimana firman-Nya:

(ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ ... )
"Serulah (manusia) kepada jalan Robbmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang (lebih) baik..." (QS. 16:125)

yaitu tutur kata yang baik.

Juga Firman الله تعالى kepada Nabi-Nya:

وَلَوْ كُنتَ فَظًّا غَلِيظَ ٱلْقَلْبِ لَٱنفَضُّوا۟ مِنْ حَوْلِكَ ۖ
"...Sekiranya kamu (Muhammad) bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu..." (QS. 3:159)

Dan Rosululloh عليه السلام bersabda:

مَا كَانَ الرِّفْقُ فِي شَيْءٍ إِلَّا زَانَهُ وَلَا نُزِعَ مِنْ شَيْءٍ إِلاَّ شَانَهُ

"Tidaklah kelembutan ada pada suatu (urusan) pun kecuali akan membaguskannya, dan tidaklah dicabut dari sesuatu (urusan)pun kecuali akan memperburuknya"
(Dishahihkan oleh Al-Albani)

(Maka kunasehatkan pada kalian) Bersikap lembutlah. .. bersikap lembutlah wahai para penuntut ilmu. .. dan bersikap luwes lah, bersikap luwes lah wahai anak-anakku, karena sesungguhnya الله تعالى  memberi kepada orang yang bersikap lembut apa-apa yang tidak diberikan kepada orang yang bersikap kasar.

Dan dahulu saya sering mendengar beliau Syekh (guru) kami berkata:
"Kebenaran itu pahit, maka jangan kita tambah lagi kepahitannya dengan uslub kita (yg buruk).

Semoga الله تعالى menepatkan kita pada apa-apa yang dicintai & diridhoi-Nya.

(Jam 00:22, tgl 9 Maret 2015,
Syekh Dr musa muhammad alu Nashr)

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post