ISLAM itu indah-----ISLAM itu sempurna dan ISLAM itu rahmatan lil 'alamin-----JANGAN Hanya menilai ISLAM dari pengikut / umatnya...!-----tapi Nilai lah ISLAM dari ajarannya...!-----Pelajarilah...!-----Jika Tidak Tahu Bertanyalah Pada Ahlinya-----maka anda akan mengetahui betapa menakjubkanya Islam bagi kehidupan manusia

Kamis, 03 Desember 2015

Hati-Hati Pamer

from @fadhilahalmira
.
”Alhamdulillah hari ini puasanya lancar”
.
Hati-hati untuk menuliskan hal ini di sosial media. Bisa jadi hal demikian merupakan riya’. Apasih riya’ itu ? Riya’ (sombong) itu sifat suka menampilkan diri dalam beramal, agar amal tersebut dilihat orang dengan maksud ingin mendapat siimpati atau pujian.
.
.
Seringkali kita jumpai yg seperti ini di sosial media manapun, contohnya saja seperti mengupload foto kita sedang mengaji dengan caption bertuliskan
“Alhamdulillah sudah hafal 3 juz” ..
Kemudian ada yg berkomentar :
“MasyaAllah akhi, masyaAllah ukhti. Ahli ibadah sekali dirimu" ..
.
.
Secara fitrah, pastilah manusia senang dipuji. Apalagi yg memuji dirinya adalah orang yg istimewa tentulah sangat bahagia.

Tapiiii ya Allah, astaghfirullah hal adzim 😩 Hal ini bisa timbul penyakit hati yaitu riya’ karena mendapat pujian2 seperti itu.
Mungkin niat kita ingin memberi motivasi bagi orang lain agar menghafal Al-Qur’an juga.

Tapi kita tidak tahu apakah hal ini riya’ atau bukan. Namun secara tidak lgsg hal ini bisa jd menimbulkan penyakit hati yg disebut riya’.
.
Masih banyak yg kita temukan seperti ini :

" habis sholat subuh nih " "sholat isya dulu deh ! "
" Menunggu bedug maghrib lho ini ~ "
" Nikmat sekali yang habis berbuka"

Ini menunjukkan bahwa orang tersebut berpuasa.Memang mereka melakukan sesuatu yang sangat benar, yaitu beribadah kepada Allah.

Tapi, alangkah baiknya jika hal tersebut ditutupi sehingga mengantisipasi adanya sifat Riya' yang muncul.
.
Ali bin Abi Tholib Rhadiallahu 'anhu berkata :
“Tanda orang yang riya’ itu ada tiga:
1. Dia malas jika sendirian,
2. Bersemangat jika bersama-sama manusia,
3. Bertambah semangat jika dipuji dan lemah semangat jika dicela.
.
Naudzubillahi minzalik 😢 Semoga kita semua dijauhkan dari penyakit hati lainnya yah :’) Tak perlulah kita mengupdate status di media sosial manapun tentang ibadah yg kita lakukan.

Tanpa harus kita menulisnya di status, Allah pun sdh tau apa yg kita kerjakan. Karena Allah Maha Mengetahui, Allah juga Maha Melihat.
.
Yuk muhasabah diri, yuk diperbaiki lagi niat ibadah kita hanya untuk Allah, hanya untuk mendapat ridha Allah, bukan untuk mendapat pujian manusia ☺
.
#celotehmuslim

Disalin Dari :
Wa akhy abu dzaky aza

Madiun 23 Shafar 1437 H,  20:03 WIB

el kanzu

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post