ISLAM itu indah-----ISLAM itu sempurna dan ISLAM itu rahmatan lil 'alamin-----JANGAN Hanya menilai ISLAM dari pengikut / umatnya...!-----tapi Nilai lah ISLAM dari ajarannya...!-----Pelajarilah...!-----Jika Tidak Tahu Bertanyalah Pada Ahlinya-----maka anda akan mengetahui betapa menakjubkanya Islam bagi kehidupan manusia

Jumat, 09 Agustus 2019

Amalan Bagi Yang Tidak Bisa Puasa Dzulhijjah

Amalan Bagi Yang Tidak Bisa Puasa Dzulhijjah

✍🏼Abu Ubaidah As Sidawi

Bagi yang belum bisa memperbanyak puasa sunnah di 10 awal Dzulhijjah karena ada udzur seperti sakit,  safar,  haidh dan sebagainya,  janganlah berkecil hati dan bersedih, lakukanlah ibadah ini agar engkau meraih pahala sepadan seperti puasa.

Amalan apakah itu?

Syeikh Sulaiman Ar Ruhaili berkata: "Termasuk amalan utama yg sangat besar pahalanya di 10 Dzulhijjah dan sebanding dg pahala puasa adalah bersyukur kpd Allah atas nikmat makan dan minum,  syukur dg hati,  lisan dan anggota badan,  sebagaimana dalam hadits Nabi:

الطَّاعِمُ الشَّاكِرُ بِمَنْزِلَةِ الصَّائِمِ الصَّابِرِ

"Orang yg makan lagi bersyukur pahalanya seperti seorang yg berpuasa lagi bersabar".
📚 (HR. Al Bukhari secara muallaq. At Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad meriwayatkannya secara bersambung, dishahihkan Ibnu Hibban,  Ibnu Hajar,  Al Iraqi,  dan Al Albani dalam Ash Shahihah: 655)

Oleh karenanya,  jika engkau tidak sanggup untuk berpuasa di 10 awal Dzulhijjah maka janganlah engkau lemah dari bersyukur atas nikmat makan dan minum".

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post