ISLAM itu indah-----ISLAM itu sempurna dan ISLAM itu rahmatan lil 'alamin-----JANGAN Hanya menilai ISLAM dari pengikut / umatnya...!-----tapi Nilai lah ISLAM dari ajarannya...!-----Pelajarilah...!-----Jika Tidak Tahu Bertanyalah Pada Ahlinya-----maka anda akan mengetahui betapa menakjubkanya Islam bagi kehidupan manusia

Minggu, 08 September 2013

Rambut Adalah Mahkota

# Tentang Rambut #

A. Muliakan.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan untuk memuliakan rambut kita,
مَنْ كَانَ لَهُ شَعْرٌ فَلْيُكْرِمْهُ

“Barangsiapa yang memiliki rambut, hendaknya dia memuliakannya” (HR Abu Daud:4163, Syaikh al-Albani berkata : hadits hasan shahih)

Imam al-Munawi rahimahullah berkata, “Memuliakan rambut maksudnya merapikan, membersihkan dengan cara membilas, memberi minyak rambut dan menyisirnya.

Jangan membiarkan acak-acakan sehingga kelihatan kusut. Karena kebersihan dan penampilan yang baik termasuk yang dicintai dan diperintahkan, selama tidak berlebih-lebihan…”
(Syarh al-Jami’ush Shagir)

B. Menyambung Rambut.

Haram menyambung dengan rambut yang lain atau disambung dengan sesuatu yang membuat kesamaran.

Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda,

لَعَنَ اللهُ الْوَاصِلَةَ وَالْمُسْتَوْصِلَةَ

“Allah melaknat wanita yang menyambung rambutnya dan meminta disambungkan rambutnya..”
(HR. al-Bukhari: 5941, 5926; Muslim: 5530)

Lafadzh hadits menunjukkan kepada wanita, sebab merekalah yang biasanya menyambung rambut. Namun hukum larangan berlaku pula bagi lelaki.

C. Cukurlah Semuanya atau Biarkan Semuanya

Dari Ibnu ‘Umar radhiyallâhu ‘anhumâ bahwa beliau berkata,

أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنِ الْقَزَعِ

“Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang dari Qaza’.”Ditanyakan kepada Nâfi’ yang meriwayatkan dari Ibnu ‘Umar, “Apa Qaza’ itu?” Nafi’ menjawab, “Sebagian kepala anak kecil digundul, dan sebagian yang lainnya ditinggalkan.” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim. Lafazh hadits milik Muslim.]

Dari Abdullah bin Umar Radhiyallahu 'anhu, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam melihat seorang bayi yang dicukur sebagian rambutnya dan membiarkan sebagiannya memanjang. Beliau melarangnya dan bersabda:

احْلِقُوْا كُلَّهُ أَوْ اتْرُكُوْا كُلَّهُ رواه أبو داود

"Cukurlah semuanya atau biarkan semuanya" [Diriwayatkan oleh Abdurrazzaq, Ahmad, Abu Dawud, dan An-Nasa`iy. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albany dalam Ash-Shahîhah no. 1123]

Bersyukurlah atas limpahan nikmat tak berhingga yang kita peroleh.

“Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya” (QS at-Tiin: 4)

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post