ISLAM itu indah-----ISLAM itu sempurna dan ISLAM itu rahmatan lil 'alamin-----JANGAN Hanya menilai ISLAM dari pengikut / umatnya...!-----tapi Nilai lah ISLAM dari ajarannya...!-----Pelajarilah...!-----Jika Tidak Tahu Bertanyalah Pada Ahlinya-----maka anda akan mengetahui betapa menakjubkanya Islam bagi kehidupan manusia

Minggu, 10 November 2019

ADAB BELAJAR & KETIKA DI SEKOLAH

ADAB BELAJAR & KETIKA DI SEKOLAH
Adab di sekolah :

1. Hadir di sekolah lebih awal sebelum bel berbunyi.

2. Memberi salam kepada teman-teman dengan wajah ceria dan memberi salam kepada guru.

  3. Menjaga peraturan umum dan kerapian sekolah serta berperilaku yang baik.

  4. Membawa buku tulis,kitab dan alat tulis pribadi sesuai jadwal hari tersebut.

  5. Senantiasa pemperhatikan dan mengikuti kegiatan belajar mengajar serta mengikuti atau memperhatikan penjelasan guru dan fokus memperhatikan ketika guru menjelaskan pelajaran.

  6. Menghindari bolos sekolah, sibuk dengan buku tulis, alat tulis, hp atau berbicara dengan teman, tidak  meninggalkan pelajaran,sibuk sendiri dan bercerita dengan temannya ketika pelajaran

7. Mencatat PR atau tugas pada buku khusus agar di rumah bisa ia ulangi dan tugasnya agar tidak terlupa.

  8. Bersiakap lemah lembut ketika bermain pada waktu istirahat dan berhati-hati terhadap yang lebih  muda atau lebih kecil agar tidak mendorongnya dan tidak bermain dengan yang lebih tua.

  9. Menggunakan waktu khusus  untuk menunaikan hajat (ke kamar mandi) diawal waktu.

10.Hendaknya makan makanan dan minuman  yang sehat serta mencuci kedua tangan tangan sebelum dan  sesudah makan.

11.Tidak membuang makanan di halaman atau di lantai.

12.Tidak mengambil barang pribadi seorang murid pun kecuali dengan  siizinnya dan tidak meminjam apapun  sebelum izin dan berterimakasih.

13. Tidak mengolok-olok atau mengejek teman dan memberinya dengan gelar yang jelek serta tidak bercanda  yang menyebabkan permusuhan dan  pertengkaran.

14. Memilih teman sholih,yang memiliki akhlaq terpuji, berperilaku yang baik, tata krama yang lurus, cerdas dan sungguh-sungguh dalam belajar.

15. Persiapan yang baik untuk menghadapi ujian dari awal tahun pelajaran dan tidak bolos pelajaran tanpa mengingat atau menanyakan kepada teman.

16.Tidak berbuat curang dan mencontek serta  bergantung kepada teman ketika ujian atau  memakai sarana yang tidak diperbolehkan.

17. Berdo'a sebelum ujian dimulai

Adab di rumah :

  1. Bersegera mengerjakan. pr setelah pulang dari sekolah dan tidak  menundanya sampai hari besok.

 2. Mengulangi pelajaran pada hari itu, menulis semua pr dan pelajaran materi kemarin dan perhatian terhadap materi hari esok.

 3. Memperhatikan tulisan, menyusunnya dan membuat garis bawah, dan poin-poin.
 
 4. Memperhatikan kebersihan buku tulis, kitab-kitab,memberinya sampul dengan model yang sesuai dan menjaganya dari  kerusakan dan kehilangan.

 5. Berusaha menjadi yang pertama disemua pelajaran dengan terus  mengikuti semua pelajaran dan tidak menyia-nyiakan waktu tanpa faedah.

✍🏼 Diterjemahkan Oleh : Risa nur Rahmah

📚Kitab : Al Khulashoh Fil Adabil Islamiyah (Hal : 71 - 72)

🏡Ma'had 'Ali Ummul Mukminin - Kendal - Ngawi - JATIM

📋Shafar 1441 H / 03 November 2019 M

📝Murojaah : mha_elkanzu

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post