ISLAM itu indah-----ISLAM itu sempurna dan ISLAM itu rahmatan lil 'alamin-----JANGAN Hanya menilai ISLAM dari pengikut / umatnya...!-----tapi Nilai lah ISLAM dari ajarannya...!-----Pelajarilah...!-----Jika Tidak Tahu Bertanyalah Pada Ahlinya-----maka anda akan mengetahui betapa menakjubkanya Islam bagi kehidupan manusia

Minggu, 10 November 2019

ADAB TERHADAP SAUDARA KANDUNG

"ADAB TERHADAP SAUDARA KANDUNG"

1. Menghargai saudara yang lebih tua dan hormat kepadanya. Serta lemah lembut kepada yang lebih muda dengan kasih sayang , saling membantu dan pehatian .

2. Berinteraksi dengan saudara secara umum dengan  kasih sayang, kelembutan, kebijaksanaan dan sopan santun.

3. Senantiasa berakhlaq baik ketika tinggal serumah. Menghiasi diri dengan sikap rendah hati, loyal, membantu, mencintai mereka, saling menolong juga tidak saling menyalahkan.

4.  Mengucap salam ketika bertemu dan berjabat tangan dengan mereka dan berwajah ceria.

5. Memperhatikan perasaan saudara dengan tidak menampakkan kebahagiaan ketika mereka sedang bersedih dan tidak makan di depan saudara yang sedang berpuasa dan tidak berteriak di depan saudara yang sedang tidur. 

6. Mencintai kebaikan untuk mereka dan mengerjakan segala sesuatu yang bisa mempererat atau yang bisa menyambung hubungan dengan mereka.

7. Memperhatikan urusan mereka dan mencari tau kondisi dan kebutuhan mereka dan saling membantu satu sama lain baik dalam pekerjaan semampu kita, kebutuhan , pendidikan atau harta 

8. Menyampaikan nasihat kepada mereka dan mengajak mereka untuk berbuat baik dengan cara yang bijak dan nasihat yang baik. Dan mengingatkan mereka untuk melaksanakan kewajiban yang Allah swt telah wajibkan dengan motivasi dan peringatan. 

9. Membantu mereka jika mereka dalam kebenaran. Dan merasa tidak suka jika mereka diatas kesalahan dan menjaga nama baik mereka.

10. Meminta maaf kepada saudara jika berbuat salah dan mengabaikan cacian dan prasangka buruk. Jika saudara meminta maaf, maka kita harus memaafkan dan senantiasa tidak menyinggung mereka setiap saat atas kesalahan yang telah dilakukannya. 

11. Mendamaikan mereka jika terjadi permusuhan dan tidak memutus silaturahim , cuek , perdebatan, Rasa benci, iri hati dan prasangka yang buruk.

12. Hindari perbuatan yang bisa saling menyakiti sesama saudara baik dengan tangan, perkataan yang menghina, perkataan yang yang kasar dan bercanda yang berlebihan.

13. Hindari permusuhan, perdebatan, konflik dan perbedaan sesama saudara

14. Tidak mencampuri urusan pribadi mereka atau menggunakan barang-barang pribadi mereka tanpa izin.

15. Menjaga rasa malu,  adab , berbicara,  dan pakaian. Khususnya jika saudara tersebut lawan jenis. Hendaknya menjaga pandangan darinya serta menutup kekurangan dan aurat dari hadapan saudara laki-laki.



✍🏼 Diterjemahkan Oleh : Yanda Indrisari

📚Kitab : Al Khulashoh Fil Adabil Islamiyah (Hal : 58 - 59)

🏡Ma'had 'Ali Ummul Mukminin - Kendal - Ngawi - JATIM

📋Shafar 1441 H / 14 Oktober 2019 M

📝Murojaah : mha_elkanzu

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post