ISLAM itu indah-----ISLAM itu sempurna dan ISLAM itu rahmatan lil 'alamin-----JANGAN Hanya menilai ISLAM dari pengikut / umatnya...!-----tapi Nilai lah ISLAM dari ajarannya...!-----Pelajarilah...!-----Jika Tidak Tahu Bertanyalah Pada Ahlinya-----maka anda akan mengetahui betapa menakjubkanya Islam bagi kehidupan manusia

Minggu, 10 November 2019

ADAB TERHADAP ORANG TUA


"ADAB TERHADAP ORANG TUA"

Berikut ini ringkasan beberapa adab yang hendaknya diketahui oleh seorang anak kepada orang tuanya

1- Hendaknya diketahui bahwasanya Allah memberi wasiat agar mentaati mereka dan berinteraksi / bermuamalah dengan baik terhadap keduanya, berbuat baik terhadap mereka atas dasar ibadah kepada Allah, mengutamakan setiap urusan keduanya dan memuliakan kedudukan mereka.

Dan sesungguhnya nabi berwasiat, untuk mempererat hubungan dengan mereka, mentaati dan melayani mereka. Serta mengingat bahwa durhaka adalah termasuk dosa besar.

2- Mengucap salam ketika hendak memasuki atau keluar meninggalkan mereka, serta mencium tangan mereka.

3- Memuliakan kedudukannya, memuliakan urusan mereka, menghormati kedudukan mereka, dan berdiri menghormatinya ketika mereka masuk.

4- Beradab ketika berbicara dengan keduanya dan lemah lembut ketika berbicara dengan mereka.

5- Memenuhi panggilan & segera memenuhi kebutuhan mereka, taat dengan perintah, menunaikan wasiat atau nasihat keduanya, jangan merasa keberatan dengan perkataan mereka kecuali jika mereka memerintahkan untuk bermaksiat, maka tidak ada ketaatan kepada makhluk untuk bermaksiat kepada Allah.

6- Membahagiakan hati mereka dengan banyak berbakti kepada mereka, memberikan hadiah kepada mereka dan menunjukkan rasa kasih sayang dengan melakukan apa yang mereka sukai dan membahagiakan keduaanya.

7- Menyimpan harta keduanya dan tidak mengambil apapun dari mereka kecuali dengan seizinnya.

8- Mempertahankan reputasi / nama baik mereka dan berhati- hati agar tidak menjadi sebab mereka dihina serta menjaga nama baik keduanya.

9- Memperhatikan tempat istirahat mereka, hindari mengganggu mereka saat mereka tidur dan memasuki kamar mereka kecuali dengan seizinnya.

10- Hindari menyela mereka dalam berbicara atau berdebat dengan mereka, menentang  mereka, mengejek atau merendahkannya, tidak tertawa terbahak -bahak ketika mereka ada di hadapan kita.

11- Hindari mengambil makanan sebelum mereka.

12- Hindari berjalan, masuk atau keluar atau duduk sebelum mereka.

13- Hindari berbaring atau menjulurkan kaki di depan mereka dan duduk di tempat yang lebih tinggi dari mereka.

14- bermusyawarah dengan mereka dalam semua hal, mengambil faedah dari ide, usul, wawasan atau pengalaman mereka dan menerima  saran nasihat dari mereka.

15- Perbanyaklah doa untuk mereka, mohonlah supaya Allah membalas keduanya dengan banyak kebaikan atas keutamaan, jasa, dan pendidikan mereka.

16- Perbanyaklah menziarahi kubur mereka jika mereka telah meninggal dan banyak menyebut mereka serta memintakan ampunan dan rahmat Allah untuk mereka

17- Mengerjakan wasiat mereka. Menyambung silaturahim dengan saudara mereka dan memuliakan orang- orang yg mereka cintai setelah mereka meninggal.


📚Kitab : Al Khulashoh Fil Adabil Islamiyah (Hal : 55 - 57)

✍🏼Leni Widya Sri Ambarwati

🏡Ma'had 'Ali Ummul Mukminin - Kendal - Ngawi - JATIM

📋Shafar 1441 H / 28 Oktober 2019 M

📝Murojaah : mha_elkanzu

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post