ISLAM itu indah-----ISLAM itu sempurna dan ISLAM itu rahmatan lil 'alamin-----JANGAN Hanya menilai ISLAM dari pengikut / umatnya...!-----tapi Nilai lah ISLAM dari ajarannya...!-----Pelajarilah...!-----Jika Tidak Tahu Bertanyalah Pada Ahlinya-----maka anda akan mengetahui betapa menakjubkanya Islam bagi kehidupan manusia

Sabtu, 25 Mei 2013

Nama Istri-istri Rosulullah shalallahu 'alaihi wasalam

Istri - istri Rosulullah nshalallahu 'alaihi wasalam merupakan kumpulan wanita termulia. Allah 'azza wajalla memuliakan mereka untuk menemani kehidupan Rasul shalallahu 'alaihi wasalam manusia termulia dimuka bumi. sebuah kehormatan dan dan keutamaan pailing besar yang direngkuh kaum wanita, yang tak tertandingi oleh wanita manapun. mereka juga menjadi istri-istri beliau di akherat kelak. tidak ada seorang lelakipun yang boleh menikahimereka sepeninggal Rasulullahshalallahu 'alaihi wasalam.

Salah satu ayat yang menunjukkan ketinggian martabat merka, Allah'azza wajalla berfirman :

يَا نِسَاء النَّبِيِّ لَسْتُنَّ كَأَحَدٍ مِّنَ النِّسَاء إِنِ اتَّقَيْتُنَّ….
“Hai isteri-isteri Nabi, Kamu sekalian tidaklah seperti wanita yang lain, jika kamu 
bertakwa…” (QS. Al-Ahzab / 33:32)

Jika selama ini kita hanya mengetahui beberapa dari istri Nabi, maka seyogyanya kita yang mengaku mencintai beliau, juga belajar dan berusaha mengetahui nama-nama isteri beliau shalallahu 'alaihi 
wasalam.



:Nama Isteri-isteri Rasulullah shalallahu 'alaihi wasalam 

1. Khadijah binti Khuwailid al-Qudsyiyah al-Asadiyah radhiallahu ‘anha
Khadijah adalahistri pertama Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalam. Allah subhanahu wata’ala perbah mengirimkan salam melalui malaikat Jibril ‘alais salam kepadanya. Lantas, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalam menyampaikan ke isteri beliau tersebut.

2. Saudah binti Zam’ah bin Qais al-Qurasyiyah rodhiallahu ‘anha. Wafat di akhir pemerintahan Khalifah ‘Umar bin al-Khatab radhiallahu ‘anhu.

3. ‘Aisyah binti Abi Bakr ash-Siddiq rodhiallahu ‘anhuma. Isteri Rasulullah shallahu ‘alaihi wa salam yang ini merupakan wanita terpandai dalam masalah agama secara mutlak. Dahulu, para sahabat menjadikanpendapatnya sebagai rujukan.

4. Hafshah binti Umar bin al-Khatab rodhiallahu ‘anhuma.

5. Zainab binti Khuzaimah bin al-Hrits al-Qaisiyah rodhiallahu ‘anha dari bani Hilal bin Amir. Dikenal jugadengan panggilan Ummulmasakin karena sering memberi makan kaum yang papa.

6. Ummu Salamah binti Abu Umayyah bin al-Mughirah al-Makhzumiyah rodhiallahu ‘anha. Pernah melihat malaikat jibril dalam rupa sahabat yan bernama Dihyah al-Kalbi radhiallahu ‘anhu. Wafat tahun 62 H.

7. Zainab binti Jahsyi radhiallahu ‘anha dari Bani Asad bin Khuzaimah. Putri bibi beliau, Umamah binti Abdul Muthalib. Wafat di madinah tahun 10 H. merupaan isteri yan pertama kali meninggal pasca wafatnya Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalam. Dimakamkan di Baqi’

8. Juwairiyyah bintil Harits bin Abi Dhirar al-Musthaliqiyah radhiallahu ‘anha. Pada asalnya, termasuk tawanan dalam perang Bani Musthaliq. Wafat tahun 56 H

9. Ummu Habibah binti Abi Sufyan Shakhr bin Harb al-Quraisyiyah radhiallahu ‘anha. Wafat di masa pemerintahan saudaranya, muawiyah bin Abi Sufyan radhiallahu ‘anhuma.

10. Shafiyyah binti Huyai bin Akhthab radhiallahu ‘anhuma, tokoh Bani Nazhir, keturunan Harun bin ‘imran, saudara Nabi Musa.

11. Maemunah bintul Harits al-Hilaliyah radhiallahu ‘anha. Wanita terakhir yang dinikahi oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalam. Wafat di sarif pada tahun 63 H.

((halaman : 09))

Semoga ridho Allah subhanahu wata’ala senantiasa menaungi mereka.

Judul : Nama isteri-isteri Rasulullah shalallahu 'alihi wasalam
From : Majalah As-Sunnah (edisi 09 Th. XII)
Publish : 25 Mei 2013,  21:46 WIB

Madiun City
el-asnawi

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post