ISLAM itu indah-----ISLAM itu sempurna dan ISLAM itu rahmatan lil 'alamin-----JANGAN Hanya menilai ISLAM dari pengikut / umatnya...!-----tapi Nilai lah ISLAM dari ajarannya...!-----Pelajarilah...!-----Jika Tidak Tahu Bertanyalah Pada Ahlinya-----maka anda akan mengetahui betapa menakjubkanya Islam bagi kehidupan manusia

Minggu, 04 Mei 2014

Amalan-amalan agar masuk surga

Amalan yang Paling Banyak Membuat Masuk Surga
Mar 25, 2014 Muhammad Abduh Tuasikal,


Yang paling banyak memasukkan seseorang ke dalam surga ada dua  amalan yaitu takwa dan akhlak yang baik.Yang terakhir di atas yang amat jarang ditemukan, bahkan pada orang-orang yang sudah kenal agama. Ada yang sudah lama ngaji, sudah sekian duduk di majelis ilmu, namun ia adalah orang yang sering lalaikan amanat.

Dengan tampilannya yang jenggotan, namun  terlihat sangar (tidak murah senyum) dan kasar. Seolah-olahyang dipentingkan adalah penampilan lahiriyah tanpa memperhatikan akhlak yang santun, amanat dan lemah lembut. Padahal seharusnya dengan rajinnya menuntut ilmu dan sudah menjalankan ajaran Rasul semakin terbimbing pada akhlak yang baik. Karena takwa dan akhlak baik itulah yang mengantarkan pada surga.

Dari Abu Hurairah, ia berkata,
ﺳُﺌِﻞَ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ -ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ- ﻋَﻦْ ﺃَﻛْﺜَﺮِ ﻣَﺎ ﻳُﺪْﺧِﻞُ ﺍﻟﻨَّﺎﺱَ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔَ ﻓَﻘَﺎﻝَ ‏« ﺗَﻘْﻮَﻯ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻭَﺣُﺴْﻦُ ﺍﻟْﺨُﻠُﻖِ ‏». ﻭَﺳُﺌِﻞَ ﻋَﻦْ ﺃَﻛْﺜَﺮِ ﻣَﺎ ﻳُﺪْﺧِﻞُ ﺍﻟﻨَّﺎﺱَ ﺍﻟﻨَّﺎﺭَ  ﻓَﻘَﺎﻝَ ‏« ﺍﻟْﻔَﻢُ ﻭَﺍﻟْﻔَﺮْﺝُ ‏»
“ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa  sallam ditanya mengenai perkara yang banyak memasukkan seseorang ke dalam surga, beliau menjawab, “Takwa kepada Allah dan berakhlak yang baik.” Beliau ditanya pula mengenai perkara yang banyak memasukkan orang dalam neraka,  jawab beliau, “Perkara yang disebabkan karena mulut dan kemaluan. ” (HR. Tirmidzi no. 2004 dan Ibnu Majah no. 4246. Al Hafizh  Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).

Maksud Takwa Takwa asalanya adalah menjadikan antara seorang hamba dan seseutu yang ditakuti suatu penghalang. Sehingga takwa kepada Allah berarti menjadikan antara hamba dan Allah suatu benteng yang dapat menghalangi dari kemarahan, murka dan siksa Allah. Takwa ini dilakukan dengan melaksanakan perintah dan menjauhi maksiat. 

Namun takwa yang sempurna kata Ibnu Rajab Al Hambali adalah dengan mengerjakan kewajiban, meninggalkan keharaman dan perkara syubhat, juga mengerjakan perkara sunnah, dan meninggalkan yang makruh. Inilah derajat takwa yang paling tinggi.

Al Hasan Al Bashri berkata,
ﺍﻟﻤﺘﻘﻮﻥ ﺍﺗَّﻘَﻮﺍ ﻣﺎ ﺣُﺮِّﻡ ﻋﻠﻴﻬﻢ ، ﻭﺃﺩَّﻭﺍ ﻣﺎ ﺍﻓْﺘُﺮِﺽ ﻋﻠﻴﻬﻢ
“Orang yang bertakwa adalah mereka yang menjauhi hal-hal yang
diharamkan dan menunaikan berbagai kewajiban.”
 
‘Umar bin ‘Abdul ‘Aziz berkata,
ﻟﻴﺲ ﺗﻘﻮﻯ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﺼﻴﺎﻡ ﺍﻟﻨﻬﺎﺭ ، ﻭﻻ ﺑﻘﻴﺎﻡ ﺍﻟﻠﻴﻞ ﻭﺍﻟﺘﺨﻠﻴﻂِ ﻓﻴﻤﺎ ﺑَﻴْﻦَ ﺫﻟﻚ ، ﻭﻟﻜﻦ ﺗﻘﻮﻯ ﺍﻟﻠﻪِ ﺗﺮﻙُ ﻣﺎ ﺣﺮَّﻡ ﺍﻟﻠﻪ ، ﻭﺃﺩﺍﺀُ ﻣﺎ ﺍﻓﺘﺮﺽَ ﺍﻟﻠﻪ ،ﻓﻤﻦ ﺭُﺯِﻕَ ﺑﻌﺪ  ﺫﻟﻚ ﺧﻴﺮﺍً ، ﻓﻬﻮ ﺧﻴﺮٌ ﺇﻟﻰ ﺧﻴﺮ
“Takwa bukanlah hanya dengan puasa di siang hari atau mendirikan  shalat malam, atau melakukan kedua-duanya. Namun takwa adalah meninggalkan yang Allah haramkan dan menunaikan yang Allah wajibkan. Siapa yang setelah itu dianugerahkan kebaikan, maka itu adalah kebaikan pada kebaikan.”

Tholq bin Habib
mengatakan,
ﺍﻟﺘﻘﻮﻯ ﺃﻥْ ﺗﻌﻤﻞَ ﺑﻄﺎﻋﺔِ ﺍﻟﻠﻪ ، ﻋﻠﻰ ﻧﻮﺭٍ ﻣﻦ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﺮﺟﻮ ﺛﻮﺍﺏَ ﺍﻟﻠﻪ ، ﻭﺃﻥْ ﺗﺘﺮﻙَ ﻣﻌﺼﻴﺔَ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻰ ﻧﻮﺭٍ  ﻣﻦ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﺨﺎﻑُ ﻋﻘﺎﺏَ ﺍﻟﻠﻪ
“Takwa berarti engkau menjalankan ketaatan pada Allah atas petunjuk cahaya dari Allah dan engkau mengharap pahala dari-Nya. Termasuk dalam takwa pula adalah menjauhi maksiat atas petunjuk cahaya dari Allah dan engkau takut akan siksa-Nya.”

Ibnu Mas’ud ketika menafsirkan ayat bertakwalah pada Allah dengan sebenar-benarnya takwa yang terdapat dalam surat Ali Imran ayat 102, beliau berkata:

ﺃﻥْ ﻳُﻄﺎﻉ ﻓﻼ ﻳُﻌﺼﻰ ، ﻭﻳُﺬﻛﺮ ﻓﻼ ﻳﻨﺴﻰ ، ﻭﺃﻥ ﻳُﺸﻜﺮ ﻓﻼ ﻳُﻜﻔﺮ
“Maksud ayat tersebut adalah Allah  itu ditaati, tidak bermaksiat pada-Nya. Allah itu terus diingat, tidak melupakan-Nya. Nikmat Allah itu disyukuri, tidak diingkari.” (HR. Al Hakim secara marfu’, namun mauquf lebih shahih).

Yang dimaksud bersyukur pada Allah adalah dengan melakukan ketaatan pada-Nya. Adapun maksud mengingat Allah dan tidak melupakan-Nya adalah selalu mengingat Allah dengan hati pada setiap gerakan dan diamnya, begitu saat berucap. Semuanya dilakukan hanya untuk meraih pahala dari Allah. Begitu pula larangan-Nya pun dijauhi. (Lihat Jaami’ul ‘Ulum wal Hikam , 1: 397-402)
 
Maksud Akhlak yang Baik Dalam hadits Abu Dzar disebutkan:

ﺍﺗَّﻖِ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﺣَﻴْﺜُﻤَﺎ ﻛُﻨْﺖَ ﻭَﺃَﺗْﺒِﻊِ ﺍﻟﺴَّﻴِّﺌَﺔَ ﺍﻟْﺤَﺴَﻨَﺔَ ﺗَﻤْﺤُﻬَﺎ ﻭَﺧَﺎﻟِﻖِ ﺍﻟﻨَّﺎﺱَ ﺑِﺨُﻠُﻖٍ ﺣَﺴَﻦٍ
“ Bertakwalah kepada Allah di mana saja engkau berada. Ikutilah kejelekan dengan kebaikan niscaya ia akan menghapuskan kejelekan tersebut dan berakhlaklah dengan manusia dengan akhlak yang baik. ” (HR. Tirmidzi no. 1987 dan Ahmad 5/153. Abu ‘Isa At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih)
 
Ibnu Rajab mengatakan bahwa berakhlak yang baik termasuk bagian dari takwa. Akhlak disebutkan secara bersendirian karena ingin ditunjukkan pentingnya akhlak. Sebab banyak yang menyangka bahwa takwa hanyalah menunaikan hak Allah tanpa memperhatikan hak sesama. (Jaami’ul ‘Ulum wal Hikam, 1: 454).
 
Bahkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjadikan akhlak yang baik sebagai tanda kesempurnaan iman.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

ﺃَﻛْﻤَﻞُ ﺍﻟْﻤُﺆْﻣِﻨِﻴﻦَ ﺇِﻳﻤَﺎﻧًﺎ ﺃَﺣْﺴَﻨُﻬُﻢْ ﺧُﻠُﻘًﺎ
“ Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya. ” (HR. Abu Daud no. 4682 dan Ibnu Majah no. 1162. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)

Akhlak yang baik (husnul khuluq) ditafsirkan oleh para salaf dengan
menyebutkan beberapa contoh.

Al Hasan Al Bashri mengatakan :
ﺣُﺴﻦُ ﺍﻟﺨﻠﻖ : ﺍﻟﻜﺮﻡُ ﻭﺍﻟﺒﺬﻟﺔ ﻭﺍﻻﺣﺘﻤﺎﻝُ
“Akhlak yang baik adalah ramah, dermawan, dan bisa menahan amarah.”

Asy Sya’bi berkata bahwa akhlak yang baik adalah :

ﺍﻟﺒﺬﻟﺔ ﻭﺍﻟﻌﻄﻴﺔ ﻭﺍﻟﺒِﺸﺮُ ﺍﻟﺤﺴﻦ ، ﻭﻛﺎﻥ ﺍﻟﺸﻌﺒﻲ ﻛﺬﻟﻚ
“Bersikap dermawan, suka memberi, dan memberi kegembiraan pada  orang lain.” Demikianlah Asy Sya’bi, ia gemar melakukan hal itu.

Ibnul Mubarok mengatakan bahwa akhlak yang baik adalah :

ﻫﻮ ﺑﺴﻂُ ﺍﻟﻮﺟﻪ ، ﻭﺑﺬﻝُ ﺍﻟﻤﻌﺮﻭﻑ ، ﻭﻛﻒُّ ﺍﻷﺫﻯ
“Bermuka manis, gemar melakukan kebaikan dan menahan diri dari menyakiti orang lain.”
 
Imam Ahmad berkata :

ﺣُﺴﻦُ ﺍﻟﺨﻠﻖ ﺃﻥْ ﻻ ﺗَﻐﻀَﺐَ ﻭﻻ ﺗﺤْﺘﺪَّ ، ﻭﻋﻨﻪ ﺃﻧَّﻪ ﻗﺎﻝ: ﺣُﺴﻦُ ﺍﻟﺨﻠﻖ ﺃﻥْ ﺗﺤﺘﻤﻞَ ﻣﺎ ﻳﻜﻮﻥُ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺎﺱ
“Akhlak yang baik adalah jangan engkau marah dan cepat naik darah.” Beliau juga berkata, “Berakhlak yang baik adalah bisa menahan amarah di hadapan manusia.”

Ishaq bin Rohuwyah berkata tentang akhlak yang baik :
ﻫﻮ ﺑﺴﻂُ ﺍﻟﻮﺟﻪِ ، ﻭﺃﻥْ ﻻ ﺗﻐﻀﺐ
“Bermuka manis dan jangan marah.” (Lihat Jaami’ul ‘Ulum wal Hikam , 1: 457-458).
Semoga Allah mengaruniakan kepada kita sifat takwa dan akhlak yang mulia. Hanya Allah yang memberi taufik dan hidayah.

Selesai disusun menjelang Zhuhur, 24 Jumadal Ula 1435 H di Pesantren Darush Sholihin Gunungkidul Akhukum fillah: Muhammad Abduh Tuasikal
Artikel Rumaysho.Com

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post