ISLAM itu indah-----ISLAM itu sempurna dan ISLAM itu rahmatan lil 'alamin-----JANGAN Hanya menilai ISLAM dari pengikut / umatnya...!-----tapi Nilai lah ISLAM dari ajarannya...!-----Pelajarilah...!-----Jika Tidak Tahu Bertanyalah Pada Ahlinya-----maka anda akan mengetahui betapa menakjubkanya Islam bagi kehidupan manusia

Kamis, 01 Oktober 2015

Senyum

TERSENYUMLAH

Sahabat..
Senyum adalah aktivitas sederhana yang tidak membutuhkan banyak energi serta biaya yang besar. Ia meluncur dari bibir dan selanjutnya masuk ke relung kalbu yang paling dalam.

Saya kira, kita tak perlu bertanya soal keefektivan senyum dalam mempengaruhi pikiran dan cara pandang orang lain terhadap kita. Pengalaman membuktikah bahwa senyum tulus yang mengalir dari dua bibir seorang muslim merupakan muqaddimah terbaik dalam meluruskan orang yang keliru atau  mengingkari suatu kemunkaran.

Banyak yang mengira bahwa kewibawaan tidak bisa diraih kecuali dengan menjaga jarak dengan orang lain, atau bisa juga dengan menunda senyuman. Padahal manusia yang paling berwibawa selalu  tersenyum. Sehingga tidak mengherankan jika beliau mampu meluluhkan kalbu para sahabat, istri-istrinya dan setiap orang yang berjumpa dengannya.

Sahabat Jabir bin Abdullah -radhiallahu anhu- mengatakan:

ما حَجَبني رسولُ الله -صلى الله عليه وسلم- منذُ أسملتُ، ولا رآني إلا تَبَسَّم في وجهي.

“Sejak aku masuk Islam, Rasulullah -shallallahu alaihi wasallam- tidak pernah menghindar dariku. Dan beliau tidak melihatku kecuali beliau pasti tersenyum kepadaku.”
(HR. Bukhori Muslim)

Bahkan hingga menjelang wafatnya, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam masih mengajari kita tentang senyuman.

Sahabat Anas bin Malik -radhiallahu anhu- menuturkan:

بينما الْمُسْلِمُونَ في صَلاَةِ الْفَجْرِ مِنْ يَوْمِ الإِثْنَيْنِ وَأَبُو بَكْرٍ يُصَلِّي بَهُمْ لَمْ يَفْجَأْهُمْ إِلاَّ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَدْ كَشَفَ سِتْرَ حُجْرَةِ عَائِشَةَ، فَنَظَرَ إِلَيْهِمْ وَهُمْ فِي صُفُوفِ الصَّلاَةِ. ثُمَّ تَبَسَّمَ يَضْحَكُ!

“Pada hari senin, Ketika kaum muslimin berada dalam shalat fajar, sedangkan Abu Bakar menjadi imam mereka, ketika itu mereka dikejutkan oleh Rasulullah shallahu alaihi wasallam yang membuka hijab kamar Aisyah. Beliau melihat kaum muslimin sedang dalam shaf shalat, kemudian beliau tersenyum kepada mereka”
(HR. Bukhari Muslim)

Ustadz Aan Chandra Thalib

disalin dari bbm mansyur abu zayyan, di group Berbagi Faedah

Madiun
١٦ زو الحجة ١٤٣٦ هــ
17:11 WIB

el kanzu

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post