ISLAM itu indah-----ISLAM itu sempurna dan ISLAM itu rahmatan lil 'alamin-----JANGAN Hanya menilai ISLAM dari pengikut / umatnya...!-----tapi Nilai lah ISLAM dari ajarannya...!-----Pelajarilah...!-----Jika Tidak Tahu Bertanyalah Pada Ahlinya-----maka anda akan mengetahui betapa menakjubkanya Islam bagi kehidupan manusia

Rabu, 16 Januari 2013

5 Karakter Wanita . . . . ?

Kategori: Women
Diterbitkan pada 16 january 2013


Soal: Sebutkan dan jelaskan dengan bahasa yang sederhana lima karakter khusus wanita yang harus dipahami agar suami sabar dalam mendidiknya! 

Pertama: Wanita sangat sensitif terhadap penilaian 
Penjelasan: singkatnya bahwa wanita memiliki perasaan yang lebih lembut dari laki-laki, jadi mereka akan peka dengan penilaian orang lain – mudah terpengaruh dengan keadaan sekitar – mudah marah – mudah gembira – mudah terbawa arus – rela berkorban. Maka sebaiknya suami tidak mengabaikan pujian dan sanjungan kepada istrinya, dan menghargai setiap usaha dan hasil jerih payahnya.

Kedua: Wanita sangat perhatian terhadap penampilan

Penjelasan: konsekuensi dari karakter yang pertama maka wanita ingin tampil menawan di hadapan orang lain, hargailah kebiasaan istri yang membutuhkan waktu lama untuk berdandan – merapikan rambut – memilih perhiasan – memilih pakaian – memakai pakaian. Dan jangan mengejek, menyinggung atau bercanda tentang umur yang telah memakan kecantikannya, tapi hendaknya suami memperlakukan istri dalam kondisi seperti ini dengan cara-cara yang lebih baik. Pujilah bahwa dia masih bisa menjaga kecantikannya meskipun pernikahan telah lewat bertahun-tahun.

Ketiga: Wanita itu sangat perasa
Penjelasan: kebanyakan wanita sangat perasa, dan bukanlah sebuah aib wanita yang memiliki sifat perasa bahkan sifat tersebut suatu kelebihan bagi wanita, bahkan sifat tersebut sangat dibutuhkan, dan sifat itu merupakan anugrah dari Allah yang diberikan kepada kaum wanita. Karena sifat tersebut keinginan mereka mengikuti selera nafsunya, emosinya kadang tidak terkontrol, Sehingga keinginannya mengikuti selera nafsunya, emosinya tidak terkontrol, dan perasaannya lebih menguasai dirinya, sehingga ketika menghadapi perkara / masalah perasaannya lebih dominan daripada akalnya. Tetapi jangan beranggapan wanita tidak berfikir jernih dan rasional, wanita bisa berfikir jernih dan rasional sama seperti lelaki, bahkan terkadang sebagian wanita lebih berakal dan lebih bijak dari pada kaum lelaki, karena sejarah telah membuktikan hal itu.

Maka hendaknya seorang suami menghargai sifat perasa yang dimiliki  istrinya, bersikap lemah lembut, penuh kasih sayang, memaafkan, dan tidak membebani sesuatu yang diluar kemampuannya.
Keempat: Wanita lebih unggul dalam berbicara

Penjelasan: secara umum kaum wanita lebih unggul dalam berbicara daripada laki-laki, sebagian kaum wanita hobi berbicara meskipun terkadang dalam masalah yang dianggap sepele oleh kaum lelaki. Maka seorang suami harus bisa memahami, mendengar dengan seksama omongan istrinya, bersabar atas kecrewetannya, jangan memutus pembicaraannya dengan cara yang menyakitkan hati, dan berlaku bijak dan santun dalam menyikapinya.
Kelima: Wanita sangat senang bergaul
Penjelasan: mayoritas kaum wanita sangat menyukai pergaulan, perkumpulan, kunjungan, menghadiri acara atau undangan, aktif berinteraksi dengan orang lain, mengobrol dengan sesama wanita, maka hendaknya suami tidak bosan-bosan untuk memperingatkan istrinya dengan santun, lemah lembut kebiasaan-kebiasaan dan fitrah yang ada pada istrinya, agar mereka tidak terjerumus pada ghibah karena suka mengobrol, tidak menghabiskan waktunya hanya untuk berbicara dan mengobrol hal yang sia-sia.


From : Oneheart , Ustadz Zaenal Abidin Bin Syamsudin, Hal : 138

Sukoharjo City
el-sanawy

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post