ISLAM itu indah-----ISLAM itu sempurna dan ISLAM itu rahmatan lil 'alamin-----JANGAN Hanya menilai ISLAM dari pengikut / umatnya...!-----tapi Nilai lah ISLAM dari ajarannya...!-----Pelajarilah...!-----Jika Tidak Tahu Bertanyalah Pada Ahlinya-----maka anda akan mengetahui betapa menakjubkanya Islam bagi kehidupan manusia

Selasa, 27 Januari 2015

DOA YANG PALING SERING DIPANJATKAN NABI

Ada sebuah doa yang paling sering dipanjatkan oleh Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. Dengan membaca beberapa riwayat di bawah ini, kita akan mengetahui doa yang dimaksud. Selamat menyimak. Baarokallahu fiikum

○ HADIS PERTAMA:
 
عَنْ أَنَسٍ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ: اللَّهُمَّ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu ia berkata: Dahulu Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berdoa:  Allahumma, Robbanaa aatinaa fid-dunyaa hasanah, wa fil-aakhirati hasanah, wa qinaa ‘adzaaban-naar (Ya Allah, Rabb kami, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari siksa neraka). (HR. al-Bukhari)

○ HADIS KEDUA: 

عَنْ أَنَسٍ قَالَ: كَانَ أَكْثَرُ دُعَاءِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اللَّهُمَّ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

Dari Anas radhiyallahu 'anhu ia berkata: Dahulu kebanyakan doa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam adalah: Allahumma, Robbanaa aatinaa fid-dunyaa hasanah, wa fil-aakhirati hasanah, wa qinaa ‘adzaaban-naar (Ya Allah, Rabb kami, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari siksa neraka). (HR. al-Bukhari)

○ DOA KETIGA:
 
عَنْ عَبْدِ الْعَزِيْزِ بْنِ صُهَيْبٍ قَالَ: سَأَلَ قَتَادَةُ أَنَسًا: أَيُّ دَعْوَةٍ كَانَ يَدْعُوْ بِهَا النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَكْثَرَ؟ قَالَ: كَانَ أَكْثَرُ دَعْوَةٍ يَدْعُوْ بِهَا يَقُوْلُ: اللَّهُمَّ آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. قَالَ: وَكَانَ أَنَسٌ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَدْعُوَ بِدَعْوَةٍ دَعَا بِهَا فَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَدْعُوَ بِدُعَاءٍ دَعَا بِهَا فِيْهِ.

Dari Abdul Aziz bin Shuhaib ia berkata: Qotadah pernah bertanya kepada Anas: Doa apakah yang dahulu paling banyak dipanjatkan oleh Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam? Anas menjawab: “Dahulu permohonan yang paling banyak dipanjatkan beliau adalah doa: Allahumma, aatinaa fid-dunyaa hasanah, wa fil-aakhirati hasanah, wa qinaa ‘adzaaban-naar (Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari siksa neraka).” Qotadah berkata: “Dahulu Anas apabila ingin berdoa dengan sebuah permohonan saja maka beliau berdoa dengan kalimat tersebut. Dan apabila ia ingin berdoa (dengan beberapa permohonan) maka beliau berdoa di antaranya dengan kalimat tersebut. (HR. Muslim)

○ HADIS KEEMPAT:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ السَّائِبِ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ مَا بَيْنَ الرُّكْنَيْنِ: رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلآخِرَةِ حَسَنَةً
 وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

Dari Abdullah bin as-Saa-ib ia berkata: Aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam berdoa di antara dua rukun (Rukun Yamani dan Hajar Aswad ketika thawaf-pen): Robbanaa, aatinaa fid-dunyaa hasanah, wa fil-aakhirati hasanah, wa qinaa ‘adzaaban-naar (Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari siksa neraka). (Hasan riwayat Abu Dawud)

○ HADIS KELIMA:
 
عَنْ أَنَسٍ أَنَّ رَسُوْلَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَادَ رَجُلاً مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ قَدْ خَفَتَ فَصَارَ مِثْلَ الْفَرْخِ، فَقَالَ لَهُ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: هَلْ كُنْتَ تَدْعُو بِشَيْءٍ أَوْ تَسْأَلُهُ إِيَّاهُ؟ قَالَ: نَعَمْ، كُنْتُ أَقُوْلُ: اللَّهُمَّ، مَا كُنْتَ مُعَاقِبِيْ بِهِ فِي اْلآخِرَةِ فَعَجِّلْهُ لِيْ فِي الدُّنْيَا. فَقَالَ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: سُبْحَانَ اللَّهِ! لاَ تُطِيْقُهُ أَوْ لاَ تَسْتَطِيْعُهُ، أَفَلاَ قُلْتَ: اللَّهُمَّ، آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. قَالَ: فَدَعَا اللَّهَ لَهُ فَشَفَاهُ.

Dari Anas radhiyallahu 'anhu bahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah membesuk seorang laki-laki dari kaum muslimin yang fisiknya lemah hingga (kurus) seperti anak burung, beliau berkata kepadanya: “Apakah engkau pernah berdoa dengan sesuatu atau memohon sesuatu kepada Allah?” ia menjawab: “Iya. Aku dahulu pernah berdoa: Ya Allah, dosa yang dengannya engkau akan siksa diriku di akhirat, hendaknya Engkau segerakan hukuman bagiku di dunia.” Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: “Maha suci Allah! engkau tidak kuat atau tidak mampu menanggungnya, mengapa engkau tidak memohon dengan: Allahumma, aatinaa fid-dunyaa hasanah, wa fil-aakhirati hasanah, wa qinaa ‘adzaaban-naar (Ya Allah, berilah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka). Anas berkata: Lalu beliau memohon kepada Allah untuk memberikan kesembuhan kepadanya, dan akhirnya Allah menyembuhkannya. (HR. Muslim)

◆ BEBERAPA FAEDAH PENTING

Ada beberapa faedah penting yang dapat dipetik dari beberapa hadis di atas, di antaranya:

|[1]. Doa di atas merupakan doa yang paling sering dipanjatkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. |[2]. Doa dengan kalimat di atas memiliki beberapa lafal, di antaranya:
 
◇ Pertama: Allahumma, Robbanaa, aatinaa fid-dunyaa hasanah, wa fil-aakhirati hasanah, wa qinaa ‘adzaaban-naar.
 
◇ Kedua: Allahumma, aatinaa fid-dunyaa hasanah, wa fil-aakhirati hasanah, wa qinaa ‘adzaaban-naar.
 
◇ Ketiga: Robbanaa aatinaa fid-dunyaa hasanah, wa fil-aakhirati hasanah, wa qinaa ‘adzaaban-naar.
 
|[3]. Doa ini secara khusus dibaca ketika berada di antara Rukun Yamani dan Hajar Aswad pada saat thawaf di sekeliling Ka’bah.
 
|[4]. Urgensi doa ini yang mencakup kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta perlindungan dari api neraka.
 
|[5]. Hendaknya seseorang tidak melupakan kalimat ini ketika ia berdoa kepada Allah dengan banyak permohonan.

Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari api neraka. Aamiin.

Bagian Indonesia
ICC DAMMAM KSA
+966556288679

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post