ISLAM itu indah-----ISLAM itu sempurna dan ISLAM itu rahmatan lil 'alamin-----JANGAN Hanya menilai ISLAM dari pengikut / umatnya...!-----tapi Nilai lah ISLAM dari ajarannya...!-----Pelajarilah...!-----Jika Tidak Tahu Bertanyalah Pada Ahlinya-----maka anda akan mengetahui betapa menakjubkanya Islam bagi kehidupan manusia

Selasa, 27 Januari 2015

PERINTAH BERBUAT BAIK KEPADA TETANGGA

Islam sebagai agama penebar kasih sayang di tengah umatnya telah memperingatkan mereka dari menyakiti satu sama lain. Demikian pula dalam hal bertetangga, Islam melarang seorang tetangga menyakiti tetangganya, baik dengan ucapan atau perbuatan. Larangan ini telah dikemukakan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dalam beberapa hadisnya. Di antaranya ialah:

وَالَّذِيْ نَفْسِيْ بِيَدِهِ، لاَ يُؤْمِنُ عَبْدٌ حَتَّى يُحِبَّ لِجَارِهِ -أَوْ قَالَ: ِلأَخِيْهِ- مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ
.
Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, tidak sempurna iman seorang hamba hingga ia mencintai bagi tetangganya –atau beliau berkata: bagi saudaranya- sebagaimana ia mencintai bagi dirinya sendiri.
(HR. Muslim No. 45)

Kita perhatikan bahwa berbuat baik kepada tetangga merupakan kesempurnaan iman seorang hamba. Bila seseorang mengharapkan tetangganya berbuat baik kepadanya, hendaklah ia berbuat baik kepada tetangganya itu. Sebagaimana bila ia ingin tetangganya tidak menyakiti dirinya dengan perkataan atau perbuatan, hendaklah ia menghindarkan diri dari menyakitinya dengan perkataan ataupun perbuatan.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mengatakan: 

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ فَلاَ يُؤْذِيْ جَارَهُ.

Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka janganlah ia menyakiti tetangganya. (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Sebaliknya, hendaknya ia berbuat kebaikan kepadanya.

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ فَلْيُحْسِنْ إِلَى جَارِهِ

Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaknya ia berbuat baik kepada tetangganya. 
(HR. Muslim)

Pada riwayat yang lain lagi Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam mengatakan: 

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ فَلْيُكْرِمْ جَارَهُ.

Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaknya ia memuliakan tetangganya.
 (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Kaum muslimin, coba perhatikan ketiga hadis di atas, beliau memerintahkan siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir untuk tidak menyakiti tetangganya. Sebaliknya beliau memerintahkan untuk berbuat baik dan memuliakan tetangganya. Menyakiti tetangga bisa dengan ucapan atau perbuatan. Demikian pula berbuat baik dan memuliakannya pun bisa dengan ucapan dan perbuatan.

Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah menasihati kita seraya mengatakan: “Hadis ini mengandung dalil haramnya memusuhi tetangga, baik dengan perkataan maupun perbuatan. Dengan perkataan seperti memperdengarkan tetangga sesuatu yang dapat mengganggu dan membuatnya gelisah, seperti menyalakan radio, televisi atau alat lainnya hingga terdengar oleh tetangganya. Hal ini tidak boleh. Bahkan, sekiranya yang ia nyalakan adalah murottal al-Quran yang dapat mengganggu tetangga karena kuatnya volume, maka ini sama halnya dengan melampaui batas terhadapnya, ia tidak boleh melakukan hal tersebut.

Sedangkan dengan perbuatan seperti membuang sampah di sekitar pintu rumah tetangga, mempersempit jalan menuju rumahnya atau dengan menggedor-gedor pintu dan perbuatan lain yang dapat mengganggu. Termasuk dalam hal ini, apabila ia memiliki pohon kurma atau selainnya yang berada di sekitar kebunnya, ia menyiraminya dengan air hingga dapat menyakiti tetangganya lantaran aliran air tersebut. Hal ini termasuk tidak diperbolehkan.

Jadi, haram hukumnya bagi tetangga menyakiti tetangganya dengan sesuatu apapun. Jika tetap melakukannya, ia bukanlah seorang mukmin. Maksudnya, ia tidak tersifati dengan sifat seorang mukmin dalam masalah ini, karena telah menyelisihi kebenaran.” (Syarah Riyadh ash-Shalihin, jilid 3, hal. 178)

Semoga Allah ta’ala memberi kemudahan kepada kita untuk menjadi tetangga yang baik bagi tetangganya. Aamiin.

Bagian Indonesia
ICC DAMMAM KSA
0556288679

Sumber          : Kumpulan Ilmu dan Nasehat dari Whatsapp ICC DAMMAM KSA
Nama Group : MAJELIS ILMU ICC DAMMAM 5

No Hp            : 0556288679

Publikasi di blog ini sudah mendapatkan izin dari Admin Group MAJELIS ILMU ICC DAMMAM 5 
Semoga bermanfaat dan Allah memberi balasan yang lebih baik di dunia dan akherat 

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post