ISLAM itu indah-----ISLAM itu sempurna dan ISLAM itu rahmatan lil 'alamin-----JANGAN Hanya menilai ISLAM dari pengikut / umatnya...!-----tapi Nilai lah ISLAM dari ajarannya...!-----Pelajarilah...!-----Jika Tidak Tahu Bertanyalah Pada Ahlinya-----maka anda akan mengetahui betapa menakjubkanya Islam bagi kehidupan manusia

Selasa, 27 Januari 2015

MENYAKITI TETANGGA SEBAB MASUK NERAKA

Menyakiti orang lain merupakan kezaliman, dan kezaliman dapat berbuah kegelapan pada hari kiamat. Demikian pula menyakiti tetangga, ini bisa menjadi sebab seseorang mendapatkan murka Allah dan diancam dengan dimasukkan ke dalam neraka. Maka itu, perhatikanlah dengan seksama hak-hak tetangga dan berusahalah menjaganya semaksimal mungkin.
Perhatikanlah riwayat berikut:

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ الله عَنهُ قَالَ: قِيْلَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، إِنَّ فُلاَنَةَ تَقُوْمُ اللَّيْلَ وَتَصُوْمُ النَّهَارَ وَتَفْعَلُ وَتَصَدَّقَ، وَتُؤْذِيْ جِيْرَانَهَا يِلِسَانِهَا؟ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ: لاَ خَيْرَ فِيْهَا، هِيَ مِنْ أَهْلِ النَّارِ. قَالُوْا: وَفُلاَنَةُ تُصَلِّي الْمَكْتُوْبَةَ وَتَصَدَّقَ بِأَثْوَارٍ، وَلاَ تُؤْذِيْ أَحَداً؟ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ: هِيَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu ia berkata: Dikatakan kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam: Wahai Rasulullah, sesungguhnya si Fulanah biasa shalat malam, puasa siang hari, berbuat ini itu dan bersedekah, namun ia menyakiti tetangganya dengan lisannya? Lalu Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: “Tidak ada kebaikan padanya, dia termasuk penghuni neraka.” orang-orang berkata lagi: Si Fulanah hanya shalat wajib saja dan bersedekah dengan keju, namun ia tidak menyakiti seorang pun? Lalu Rasulullah berkata: “Ia termasuk penghuni surga.” (Hadis sahih. Lihat: Shahih al-Adab al-Mufrad No. 88)

Tidak berhenti di situ saja, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam juga mengancam dengan tidak dimasukkan ke surga seorang tetangga yang tetangganya tidak selamat dari gangguan lisan dan tangannya. Beliau bersabda: 
 
لاَ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ لاَ يَأْمَنُ جَارُهُ بَوَائِقَهُ.

Tidak masuk surga seorang yang tetangganya tidak aman dari gangguan-gangguannya. (HR. Muslim)

Abdullah bin Umar radhiyallahu 'anhuma berkata: “Sungguh telah berlalu kepada kami suatu masa di mana tidak ada seorang yang lebih berhak dengan uang dinar dan dirham dari pada saudaranya sesama muslim. Namun, ternyata sekarang uang dinar dan dirham lebih dicintai oleh seorang dari kita dari pada saudaranya sesama muslim. Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: 

كَمْ مِنْ جَارٍ مُتَعَلِّقٍ بِجَارِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، يَقُوْلُ: يَا رَبِّ! هَذَا أَغْلَقَ بَابَهُ دُوْنِيْ، فَمَنَعَ مَعْرُوْفَهُ. 

Betapa banyak tetangga yang bergantungan kepada tetangganya pada hari kiamat, ia berkata: Wahai Rabb! Tetanggaku ini menutup pintunya dariku, ia mencegah kebaikannya untukku. (Hadis hasan lighairihi. Lihat: Shahih al-Adab al-Mufrad No. 81)

Hampir serupa dengan riwayat Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma di atas, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mengatakan: 

كَمْ مِنْ جَارٍ مُتَعَلِّقٍ بِجَارِهِ يَقُوْلُ: يَا رَبِّ! سَلْ هَذَا: لِمَ أَغْلَقَ عَنِّيْ بَابَهُ ، وَمَنَعَنِيْ فَضْلَهُ.

Betapa banyak tetangga yang bergantungan kepada tetangganya seraya berkata: Wahai Rabb! Tanyakan kepada tetanggaku ini: mengapa ia menutup pintunya untukku dan mencegah diriku dari kelebihan hartanya. (Hadis hasan. Lihat: Shahih al-Targhib wa at-Tarhib No.2564)

Semoga Allah ta’ala memberi kemudahan kepada kita untuk menjadi tetangga yang baik bagi tetangganya. Aamiin.

Bagian Indonesia
ICC DAMMAM KSA
0556288679

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post