ISLAM itu indah-----ISLAM itu sempurna dan ISLAM itu rahmatan lil 'alamin-----JANGAN Hanya menilai ISLAM dari pengikut / umatnya...!-----tapi Nilai lah ISLAM dari ajarannya...!-----Pelajarilah...!-----Jika Tidak Tahu Bertanyalah Pada Ahlinya-----maka anda akan mengetahui betapa menakjubkanya Islam bagi kehidupan manusia

Senin, 02 Februari 2015

DOA SEBELUM TIDUR[bagian ke-2 ]

Pada tulisan berikut akan diketengahkan lafal doa sebelum tidur yang lebih panjang dari pada doa yang ada pada tulisan sebelumnya. Sebagaimana juga akan dibawakan lima sifat yang berbeda-beda. Silakan dibaca, dihafalkan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

[1]. HADIS PERTAMA

عَنِ اْلبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ: قَالَ لِي النَّبِيُّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ (( إِذَا أَتَيْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وُضُوْءَكَ لِلصَّلاَةِ، ثُمَّ اضْطَجِعْ عَلَى شِقِّكَ اْلأَيْمَنِ ثُمَّ قُلْ: "اللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ وَجْهِيْ إِلَيْكَ، وَفَوَّضْتُ أَمْرِيْ إِلَيْكَ، وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِيْ إِلَيْكَ رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ، لاَ مَلْجَأَ وَلاَ مَنْجَا مِنْكَ إِلاَّ إِلَيْكَ، اللَّهُمَّ آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِيْ أَنْزَلْتَ وَنَبِيِّكَ الَّذِيْ أَرْسَلْتَ". فَإِنْ مُتَّ مِنْ لَيْلَتِكَ فَأَنْتَ عَلَى الفِطْرَةِ، وَاجْعَلْهُنَّ آخِرَ مَا تَتَكَلَّمُ بِهِ ))

Dari al-Bara' bin 'Azib radhiyallahu 'anhu ia berkata: Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pernah berkata kepadaku:"Apabila engkau hendak mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat kemudian rebahkan (badanmu) di atas bahu sebelah kanan kemudian ucapkanlah:"Ya Allah, aku serahkan wajahku kepada-Mu, dan aku pasrahkan urusanku kepada-Mu, dan aku sandarkan punggungku kepada-Mu dengan penuh harap (akan rahmat-Mu) dan cemas (akan siksa-Mu), tiada perlindungan dan pertolongan dari (siksa-Mu) kecuali hanya kepada-Mu, ya Allah aku beriman dengan kitab-Mu yang telah Engkau turunkan dan Nabi-Mu yang telah Engkau utus". Apabila engkau meninggal dunia pada malam itu, niscaya engkau dalam keadaan fitrah. Dan jadikan doa tersebut sebagai ucapan terakhirmu.

Hadis sahih. Riwayat al-Bukhari, No: 247.

[2]. HADIS KEDUA

عَنِ اْلبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ (( إِذَا أَتَيْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وُضُوْءَكَ لِلصَّلاَةِ، ثُمَّ اضْطَجِعْ عَلَى شِقِّكَ اْلأَيْمَنِ ثُمَّ قُلْ: "اللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ وَجْهِيْ إِلَيْكَ، وَفَوَّضْتُ أَمْرِيْ إِلَيْكَ، وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِيْ إِلَيْكَ، رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ، لاَ مَلْجَأَ وَلاَ مَنْجَى مِنْكَ إِلاَّ إِلَيْكَ، آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِيْ أَنْزَلْتَ وَبِنَبِيِّكَ الَّذِيْ أَرْسَلْتَ". فَإِنْ مُتَّ مُتَّ عَلَى الفِطْرَةِ، وَاجْعَلْهُنَّ آخِرَ مَا تَقُوْلُ )). 

Dari al-Bara' bin 'Azib radhiyallahu 'anhu ia berkata: Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pernah berkata kepadaku:"Apabila engkau hendak mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat kemudian rebahkan (badanmu) di atas bahu sebelah kanan kemudian ucapkanlah:"Ya Allah, aku serahkan wajahku kepada-Mu, dan aku pasrahkan urusanku kepada-Mu, dan aku sandarkan punggungku kepada-Mu dengan penuh harap (akan rahmat-Mu) dan cemas (akan siksa-Mu), tiada perlindugan dan pertolongan dari (siksa-Mu) kecuali hanya kepada-Mu, aku beriman dengan kitab-Mu yang telah Engkau turunkan dan dengan Nabi-Mu yang telah Engkau utus". Apabila engkau mati, niscaya engkau mati dalam keadaan fitrah, dan jadikan doa ini sebagai penutup perkataanmu".
Hadis sahih. Riwayat al-Bukhari, No: 3611, Muslim, No: 2710.  

[3]. HADIS KETIGA

عَنِ اْلبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَوْصَى رَجُلاً فَقَالَ: (( إِذَا أَرَدْتَ مَضْجَعَكَ فَقُلْ: "اللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ نَفْسِيْ إِلَيْكَ، وَفَوَّضْتُ أَمْرِيْ إِلَيْكَ، وَوَجَّهْتُ وَجْهِيْ إِلَيْكَ، وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِيْ إِلَيْكَ، رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ، لاَ مَلْجَأَ وَلاَ مَنْجَا مِنْكَ إِلاَّ إِلَيْكَ، آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِيْ أَنْزَلْتَ وَ نَبِيِّكَ الَّذِيْ أَرْسَلْتَ". فَإِنْ مُتَّ مُتَّ عَلَى الفِطْرَةِ)).

Dari al-Bara' bin 'Azib radhiyallahu 'anhu bahwasanya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pernah mewasiatkan kepada seseorang lalu beliau bersabda: "Apabila engkau ingin pergi ke tempat tidur, maka ucapkanlah:"Ya Allah, aku serahkan jiwaku kepada-Mu, dan aku pasrahkan urusanku kepada-Mu, dan aku hadapkan wajahku kepada-Mu, dan aku  sandarkan punggungku kepada-Mu dengan penuh harap (akan rahmat-Mu) dan cemas (akan siksa-Mu), tiada perlindugan dan pertolongan dari (siksa-Mu) kecuali hanya kepada-Mu, aku beriman dengan kitab-Mu yang telah Engkau turunkan dan dengan Nabi-Mu yang telah Engkau utus". Apabila engkau meninggal dunia, niscaya engkau meninggal dalam keadaan fitrah".

Hadis sahih. Riwayat al-Bukhari, No 6313.

[4]. HADIS KEEMPAT

عَنِ اْلبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَوَى إِلَى فِرَاشِهِ نَامَ عَلَى شِقِّهِ اْلأَيْـمَنِ ثُمَّ قَالَ: ((اللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ نَفْسِيْ إِلَيْكَ، وَوَجَّهْتُ وَجْهِيْ إِلَيْكَ، وَفَوَّضْتُ أَمْرِيْ إِلَيْكَ، وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِيْ إِلَيْكَ، رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ، لاَ مَلْجَأَ وَلاَ مَنْجَا مِنْكَ إِلاَّ إِلَيْكَ، آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِيْ أَنْزَلْتَ وَنَبِيِّكَ الَّذِيْ أَرْسَلْتَ)).

Dari al-Bara' bin 'Azib radhiyallahu 'anhu ia berkata: Adalah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam apabila pergi ke tempat tidurnya, beliau merebahkan badannya di atas badan bagian kanan kemudian berucap:"Ya Allah, aku serahkan jiwaku kepada-Mu, dan aku hadapkan wajahku kepada-Mu, dan aku pasrahkan urusanku kepada-Mu, dan aku  sandarkan punggungku kepada-Mu dengan penuh harap (akan rahmat-Mu) dan cemas (akan siksa-Mu), tiada perlindugan dan pertolongan dari (siksa-Mu) kecuali hanya kepada-Mu, aku beriman dengan kitab-Mu yang telah Engkau turunkan dan Nabi-Mu yang telah Engkau utus".
Hadis sahih. Riwayat al-Bukhari, No: 6315.

[5]. HADIS KELIMA

عَنِ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ أَنَّ رَسُوْلَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمَرَ رَجُلاً إِذَا أَخَذَ مَضْجَعَهُ مِنَ اللَّيْلِ أَنْ يَقُوْلَ: ((اللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ نَفْسِيْ إِلَيْكَ، وَوَجَّهْتُ وَجْهِيْ إِلَيْكَ، وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِيْ إِلَيْكَ، وَفَوَّضْتُ أَمْرِيْ إِلَيْكَ، رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ، لاَ مَلْجَأَ وَلاَ مَنْجَا مِنْكَ إِلاَّ إِلَيْكَ، آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِيْ أَنْزَلْتَ وَبِرَسُوْلِكَ الَّذِيْ أَرْسَلْتَ )).

Dari al-Bara' bin 'Azib radhiyallahu 'anhu bahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah memerintahkan kepada seseorang apabila ia hendak pergi tidur pada malam hari untuk mengucapkan:"Ya Allah, aku serahkan jiwaku kepada-Mu, dan aku hadapkan wajahku kepada-Mu, dan aku  sandarkan punggungku kepada-Mu, dan aku pasrahkan urusanku kepada-Mu, dengan penuh harap (akan rahmat-Mu) dan cemas (akan siksa-Mu), tiada perlindugan dan pertolongan dari (siksa-Mu) kecuali hanya kepada-Mu, aku beriman dengan kitab-Mu yang telah Engkau turunkan dan dengan Rasul-Mu yang telah Engkau utus".
Hadis sahih. Diriwayatkan oleh Muslim, No: 2710.

◆ KESIMPULAN

[1]. Hendaknya seseorang senantiasa mengingat Allah dalam setiap keadaan, termasuk ketika ia hendak tidur di malam hari.
 
[2]. Sebelum tidur dianjurkan untuk berwudhu sebagaimana wudhu untuk shalat.
 
[3]. Disunnahkan tidur dengan merebahkan badan miring ke sebelah kanan.
 
[4]. Bagi yang mengucapkan kalimat di atas dan meninggal pada malam hari itu maka ia meninggal di atas fitrah, yakni Islam.
 
[5]. Hendaknya doa di atas dijadikan sebagai kalimat terakhir sebelum tidur.

Semoga Allah ta’ala memberikan kemudahan kepada kita untuk menghafalkan dan membaca doa tersebut sebelum kita istirahat di dalam hari. Aamiin.

Bagian Indonesia
ICC DAMMAM KSA
0556288679

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post