ISLAM itu indah-----ISLAM itu sempurna dan ISLAM itu rahmatan lil 'alamin-----JANGAN Hanya menilai ISLAM dari pengikut / umatnya...!-----tapi Nilai lah ISLAM dari ajarannya...!-----Pelajarilah...!-----Jika Tidak Tahu Bertanyalah Pada Ahlinya-----maka anda akan mengetahui betapa menakjubkanya Islam bagi kehidupan manusia

Senin, 02 Februari 2015

DOA SEBELUM TIDUR [bagian terakhir]

Pada tulisan kali ini akan disampaikan beberapa doa dan tuntunan sebelum tidur, selain dari dua lafal doa yang telah disampaikan pada dua tulisan sebelumnya. Ada beberapa doa dan tuntunan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam lain yang telah diajarkan kepada para sahabatnya. Berikut ini penjelasan ringkasnya. Semoga bermanfaat.

[1]. DOA PERTAMA

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَكَفَانَا وَآوَانَا، فَكَمْ مِمَّنْ لاَ كَافِيَ لَهُ وَلاَ مُؤْوِيَ
"
Segala puji hanya untuk Allah yang telah memberi makan dan minum kepada kami, memberikan kecukupan bagi kami dan mengembalikan kami kepada tempat tinggal kami, betapa banyak orang yang tidak ada yang memberikan kecukupan dan tempat tinggal kepadanya".

[Hadis Sahih. Diriwayatkan oleh Muslim, No: 2715. Lihat: Shahih Sunan Abu Dawud, No: 5053, Shahih Sunan at-Tirmidzi, No: 3396]

[2]. DOA KEDUA

Dalam riwayat al-Bukhari, No: 6320, disebutkan bahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam juga membaca doa berikut:

بِاسْمِكَ رَبِّيْ وَضَعْتُ جَنْبِيْ، وَبِكَ أَرْفَعُهُ، إِنْ أَمْسَكْتَ نَفْسِيْ فَارْحَمْهَا، وَإِنْ أَرْسَلْتَهَا فَاحْفَظْهَا بِمَا تَحْفَظُ بِهِ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ
"
Dengan menyebut nama-Mu ya Rabb-ku aku merebahkan badanku, dan karena-Mu aku mengangkatnya, apabila Engkau menahan jiwaku, maka kasihanilah ia, dan apabila Engkau melepaskannya, maka jagalah ia sebagaimana Engkau menjaga para hamba-Mu yang saleh".

[Doa tersebut juga diriwayatkan oleh Abu Dawud, lihat Shahih Sunan Abu Dawud, No: 5050, dan at-Tirmidzi, lihat Shahih Sunan at-Tirmidzi, No: 3401]

[3]. DOA KETIGA

Pada riwayat Abu Dawud yang lain, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam membaca doa: 

اللَّهُمَّ قِنِيْ عَذَابَكَ يَوْمَ تَبْعَثُ عِبَادَكَ

"Ya Allah, lindungilah aku dari siksa-Mu pada hari Engkau membangkitkan para hamba-Mu ".

[Hadis Sahih. Lihat Shahih Sunan Abu Dawud, No 5045, ash-Shahihah, No: 2754, Shahih Sunan at-Tirmidzi, No: 3398 & 3399]

[4]. MEMBACA AYAT KURSI

Hal tersebut sebagaimana yang ada pada hadis Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu yang diriwayatkan al-Bukhari, No: 2311. Manfaat membaca ayat kursi [QS. al-Baqarah: 255] sebelum tidur, senantiasa akan ada dari Allah penjaga yang melindungi dan setan tidak bisa mendekati hingga pagi hari.

[5]. MEMBACA TASBIH, TAKBIR & TAHMID

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berkata kepada Ali dan Fatimah radhiyallahu 'anhuma: 

إِذَا أَخَذْتُمَا مَضَاجِعَكُمَا فَكَبِّرَا اللَّهَ أَرْبَعًا وَثَلاَثِيْنَ، وَاحْمَدَا ثَلاَثاً وَثَلاَثِيْنَ، وَسَبِّحَا ثَلاَثاً وَثَلاَثِيْنَ.

"Apabila kalian berdua telah bersiap-siap untuk tidur maka ucapkanlah takbir (Allahu akbar) sebanyak tiga puluh empat kali (34x), ucapkanlah tahmid (alhamdulillah) sebanyak tiga puluh tiga kali (33x), dan ucapkanlah tasbih (subhanallah) sebanyak tiga puluh tiga kali (33x)".

[Hadis Sahih. Diriwayatkan oleh al-Bukhari, No: 3113, 5361 & 6318. At-Tirmidzi, No: 3408. Lihat Shahih Sunan at-Tirmidzi]

Dalam riwayat lain disebutkan takbir, tahmid, dan tasbih, masing-masing diucapkan sebanyak tiga puluh tiga kali (33x). Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا أَوَيْتُمَا إِلَى فِرَاشِكُمَا أَوْ أَخَذْتُمَا مَضَاجِعَكُمَا فَكَبِّرَا ثَلاَثاً وَثَلاَثِيْنَ، وَسَبِّحَا ثَلاَثاً وَثَلاَثِيْنَ، وَاحْمَدَا ثَلاَثاً وَثَلاَثِيْنَ

"Apabila kalian berdua mendatangi tempat tidur atau telah bersiap-siap untuk tidur, maka ucapkanlah takbir sebanyak tiga puluh tiga kali, ucapkanlah tasbih sebanyak tiga puluh tiga kali, dan ucapkanlah tahmid sebanyak tiga puluh tiga kali juga".

[Hadis Sahih. Diriwayatkan oleh al-Bukhari, No: 3705 & 6318]

[6]. MEMBACA SURAT AL-MU'AWWIDZAAT

Yakni surat al-Ikhlash, al-Falaq dan an-Naas. Tuntunan ini dikisahkan oleh Ummul Mukminin Aisyah radhiyallahu 'anha, ia berkata:

أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا أَخَذَ مَضْجَعَهُ نَفَثَ فِي يَدَيْهِ وَقَرَأَ بِالْمُعَوِّذَاتِ وَمَسَحَ بِهِمَا جَسَدَهُ
Bahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dahulu apabila hendak pergi tidur beliau meniup pada kedua tangannya dan membaca surat al-mu'awwidzaat, lalu mengusapkan kedua tangannya di badan.”

[Hadis Sahih. Riwayat al-Bukhari, No: 6319]

Dalam riwayat yang lain Aisyah radhiyallahu 'anha menuturkan:
“Dahulu Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam apabila pergi ke tempat tidurnya setiap malam beliau menyatukan kedua telapak tangannya kemudian meniupnya, beliau membacakan pada keduanya surat al-Ikhlash, al-Falaq, dan an-Naas. Selanjutnya beliau mengusap dengan keduanya apa yang disanggupi dari badannya, ia memulai dari kepala, wajah, dan anggota badan yang berada di depan, beliau melakukan yang demikian sebanyak tiga kali.”

[Hadis Sahih. Diriwayatkan oleh al-Bukhari, No: 5017 & 5748. Lihat pula Shahih Sunan at-Tirmidzi, No: 3402]

[7]. MEMBACA SURAT AS-SAJDAH & AL-MULK

Jabir bin Abdullah radhiyallahu 'anhuma mengatakan: “Beliau (Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam) dahulu tidaklah tidur hingga membaca surat
“Alif Laam Miim, Tanziil..(as-Sajdah) dan
 “Tabaarokalladzii biyadihil-Mulk.” 

Maksud dari ucapan Jabir di atas, bukan termasuk kebiasaan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tidur sebelum membaca dua surat tersebut.

[Hadis Sahih. Lihat: ash-Shahihah, No. 585, Shahih al-Jami’ ash-Shaghir, No. 4873]

Semoga yang sedikit ini bermanfaat bagi kita. Beramal sedikit sesuai sunnah jauh lebih utama dan mulia dari pada banyak beramal namun jauh dari sunnah. Allahul-muwaffiq. Aamiin.

Bagian Indonesia
ICC DAMMAM KSA
0556288679

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post