ISLAM itu indah-----ISLAM itu sempurna dan ISLAM itu rahmatan lil 'alamin-----JANGAN Hanya menilai ISLAM dari pengikut / umatnya...!-----tapi Nilai lah ISLAM dari ajarannya...!-----Pelajarilah...!-----Jika Tidak Tahu Bertanyalah Pada Ahlinya-----maka anda akan mengetahui betapa menakjubkanya Islam bagi kehidupan manusia

Kamis, 19 Februari 2015

HUBUNGAN ANTARA DOSA DAN BENCANA

Sudah jauh-jauh hari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memperingatkan kepada umatnya bahwa hubungan antara dosa dan bencana begitu erat. Hubungan keduanya adalah hubungan sebab akibat. Disebabkan kemaksiatan, akibatnya banyak terjadi bencana. Demikian pula hal ini kita dapati di dalam beberapa ayat al-Quran. 

☆ Allah subhanahu wa ta'ala berfirman: 

فَكُلاًّ أَخَذْنَا بِذَنْبِهِ، فَمِنْهُمْ مَنْ أَرْسَلْنَا عَلَيْهِ حَاصِبًا، وَمِنْهُمْ مَنْ أَخَذَتْهُ الصَّيْحَةُ، وَمِنْهُمْ مَنْ خَسَفْنَا بِهِ اْلأَرْضَ، وَمِنْهُمْ مَنْ أَغْرَقْنَا، وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيَظْلِمَهُمْ وَلَكِنْ كَانُوْا أَنْفُسَهُمْ يَظْلِمُوْنَ.

Maka masing-masing (mereka itu) Kami siksa disebabkan dosanya. Maka di antara mereka ada yang Kami timpakan kepadanya hujan batu kerikil, dan di antara mereka ada yang ditimpa suara keras yang mengguntur, dan di antara mereka ada yang Kami benamkan ke dalam bumi, dan di antara mereka ada yang Kami tenggelamkan, dan Allah sekali-kali tidak hendak menganiaya mereka, akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri. (QS.  al-‘Ankabut: 40)

Perhatikanlah, sekali-kali Allah tidak menganiaya mereka, akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri. 

Sekarang, mari kita simak riwayat dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dan perkataan dari beberapa sahabat beliau radhiyallahu 'anhum. 

☆ Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: 

إِذَا ظَهَرَ الزِّنَا وَالرِّبَا فِي قَرْيَةٍ فَقَدْ أَحَلُّوْا بِأَنْفُسِهِمْ عَذَابَ اللَّهِ.

Apabila zina dan riba telah tampak pada suatu daerah, sungguh itu artinya mereka telah menghalalkan siksa Allah menimpa mereka. (Lihat: Shahih al-Jami’ No. 679, Shahih at-Targhib No. 1859)

☆ Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu 'anhu pernah berkata: 

إِذَا ظَهَرَ الزِّنَا وَالرِّبَا فِي قَرْيَةٍ أَذِنَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ بِهَلاَكِهَا.

Apabila zina dan riba sudah tampak pada suatu daerah, maka itu artinya Allah telah mengizinkan kehancurannya. (Hadis hasan lighairihi riwayat al-Hakim)

☆ Ka’ab bin Malik radhiyallahu 'anhu mengatakan: 

إِنَّمَا تُزَلْزَلُ اْلأَرْضُ إِذَا عُمِلَ فِيْهَا بِالْمَعَاصِيْ فَتَرْعَدُ فَرَقاً مِنَ الرَّبِّ جَلَّ جَلاَلُهُ أَنْ يَطَّلِعَ عَلَيْهَا.

Sesungguhnya sebab terjadinya gempa bumi ialah tatkala dilakukan kemaksiatan di atasnya, bumi gemetar karena takut kepada Rabb jalla jalaaluhu ketika Dia melihatnya.

☆ Dalam kitab Musnad al-Imam Ahmad, dengan sanad sahih, Jubair bin Nufair rahimahullah bercerita: “Tatkala negara Cyprus ditaklukan (oleh kaum muslimin) dan rakyatnya dicerai-beraikan, sebagian kaum muslimin menangis. Aku melihat Abu Darda’ radhiyallahu 'anhu duduk sendiri, beliau pun menangis.”
Aku bertanya: “Wahai Abu Darda, apa yang membuatmu menangis pada hari di mana Allah memuliakan Islam dan para pemeluknya?” Ia menjawab: “Celaka engkau, ya Jubair, alangkah hina mereka (rakyat Cyprus) bagi Allah azza wa jalla tatkala menyia-nyiakan perintah-Nya! Mereka adalah umat yang berkuasa, kuat dan memegang kendali kekuasaan, namun mereka meninggalkan perintah Allah sehingga mereka hina seperti yang engkau lihat.”

Dari keterangan singkat di atas dapat kita ketahui bahwa kemaksiatan benar-benar memberikan pengaruh yang amat buruk bagi pelakunya.

Semoga muda-mudi dari kalangan kaum muslimin yang masih menghinakan diri dengan perayaan Hari Valentine segera meninggalkannya dan bertaubat kepada Allah dengan taubat sebenarnya. Sehingga bencana dapat terangkat dari dirinya dan dari bumi nusantara.

Saudaraku, hendaknya engkau sampaikan tulisan singkat ini kepada teman-temanmu yang masih terus mengikuti kebiasaan buruk orang-orang kafir itu.

Semoga Allah senantiasa membimbing kita menuju Islam yang sesungguhnya dan semoga kita dimudahkan istiqomah di atasnya. Aamiin.

✅ Bagian Indonesia
🏠 ICC DAMMAM KSA
📱 +966556288679
==================
📅 [ 23/04/1436 H ]

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post