ISLAM itu indah-----ISLAM itu sempurna dan ISLAM itu rahmatan lil 'alamin-----JANGAN Hanya menilai ISLAM dari pengikut / umatnya...!-----tapi Nilai lah ISLAM dari ajarannya...!-----Pelajarilah...!-----Jika Tidak Tahu Bertanyalah Pada Ahlinya-----maka anda akan mengetahui betapa menakjubkanya Islam bagi kehidupan manusia

Kamis, 19 Februari 2015

KEUTAMAAN BERSEDEKAH DENGAN AIR

Sebagian dari kita insya Allah mengetahui bagaimana gigihnya negara Arab Saudi dalam membantu kaum muslimin di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Baik hal itu dilakukan secara resmi oleh negara atau pun oleh individu-individu tertentu dari warga Arab Saudi.

Di antara bentuk bantuan yang mereka kerahkan adalah, pembagian mushaf (al-Qur’an), pembangunan dan renovasi masjid, pembangunan pondok pesantren dan yayasan Islam, bantuan kitab-kitab berbahasa arab dan lain sebagainya. Dan tak kalah pentingnya, mereka juga memberikan bantuan air kepada masyarakat yang sulit mendapatkannya.

Untuk yang terakhir ini (bantuan air) terkadang berupa pembuatan sumur air bersih untuk mencuci, mandi, wudhu dan keperluan lainya, dan terkadang pula berbentuk air bersih siap minum. Untuk yang kedua ini, sangat banyak kita saksikan di berbagai masjid dan kota di Arab Saudi.

◇ Terkadang sebagian warga meletakkan dispenser raksasa (Maa-us-Sabiil) di pinggir jalan depan rumah, agar orang-orang yang lewat dapat memanfaatkan air tersebut.

◇ Terkadang juga, mereka meletakkannya di depan masjid-masjid kampung, sehingga orang-orang pun dapat memanfaatkannya. Tidak hanya minum di tempat, tak sedikit warga yang datang dengan membawa galon dan mengisinya, guna minum di rumah.

◇ Terkadang pula, hal tersebut kita dapati di tempat-tempat keramaian seperti pasar, sehingga orang-orang yang kehausan dapat minum darinya.

◇ Terkadang, di antara warga ada yang menyumbang alat pendingin air satu atau dua buah ke masjid-masjid kampung, sehingga alat tersebut bisa diisi dengan air mineral botolan.

◇ Dan jika sudah ada alat pendingin tersebut, maka sebagian warga bersemangat untuk bersedekah dengan berdus-dus air mineral.

Perlu diketahui, 1 liter air mineral di Arab Saudi harganya lebih mahal dari pada 1 liter bensin. Satu liter bensin harganya 45 Halalah (0,45 reyal) atau sekitar 1.350 Rupiah (jika RS 1 sama dengan Rp 3.000), sementara jika kita membeli air mineral dengan uang 50 Halalah (0,5 Reyal) maka hanya akan mendapatkan sekitar 330 ML saja. Meski demikian, namun semangat mereka untuk bersedekah dengan air begitu luar biasa. Semoga Allah membalas kebaikan mereka dengan balasan yang lebih baik.

◇ Terkadang, sebagian dari mereka sengaja membuat tenda di tempat peristirahatan dekat di pom bensin. Mereka menyiapkan teh atau kopi untuk para musafir yang sedang singgah ke pom bensin tersebut. Dan yang menakjubkan, tidak hanya berdiam diri, mereka mendatangi penumpang bis yang baru turun untuk singgah sesaat di tenda-tenda mereka. Semua itu gratis tanpa dipungut biaya. Bahkan, terkadang orang tersebut merayu mereka dengan memberikan siwak gratis pula kepada para penunmpang itu. Benar-benar luar biasa kedermawanan mereka. Ini baru satu sisi kedermawanan warga Arab Saudi.

Bersedekah dengan air tersebut bukanlah tanpa alasan. Ternyata keutamaanya begitu luar biasa. Dan apabila kita perhatikan dengan seksama, maka akan kita dapati beberapa hadis Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam  yang telah menerangkannya.

Abu Hurairah Abdurrahman bin Sokhr radhiyallahu anhu bercerita kepada kita: 

أَنَّ رَسُوْلَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: بَيْنَمَا رَجُلٌ يَمْشِيْ بِطَرِيْقٍ اشْتَدَّ عَلَيْهِ الْعَطَشُ، فَوَجَدَ بِئْرًا فَنَزَلَ فِيهَا فَشَرِبَ ثُمَّ خَرَجَ، فَإِذَا كَلْبٌ يَلْهَثُ يَأْكُلُ الثَّرَى مِنَ الْعَطَشِ. فَقَالَ الرَّجُلُ: لَقَدْ بَلَغَ هَذَا الْكَلْبَ مِنَ الْعَطَشِ مِثْلُ الَّذِيْ كَانَ بَلَغَ مِنِّيْ. فَنَزَلَ الْبِئْرَ فَمَلَأَ خُفَّهُ مَاءً ثُمَّ أَمْسَكَهُ بِفِيْهِ حَتَّى رَقِيَ فَسَقَى الْكَلْبَ، فَشَكَرَ اللَّهُ لَهُ فَغَفَرَ لَهُ. قَالُوْا: يَا رَسُوْلَ اللَّهِ، وَإِنَّ لَنَا فِي هَذِهِ الْبَهَائِمِ لَأَجْرًا فَقَالَ: فِي كُلِّ كَبِدٍ رَطْبَةٍ أَجْرٌ.

Bahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: “Ketika seseorang berjalan di suatu jalanan tiba-tiba ia merasa sangat kehausan. Kemudian ia mendapati sebuah sumur, lalu ia turun ke dalamnya, ia minum lalu keluar. Namun tiba-tiba ada seekor anjing menjilati tanah karena kehausan. Orang itu berkata: ‘Sungguh anjing ini sangat kehasuan sebagaimana diriku tadi’. Kemudian ia turun ke sumur dan mengisi sepatu khuff-nya dengan ia, lalu ia menggigit sepatu itu dengan mulutnya hingga naik ke atas, kemudian ia memberi minum anjing itu. Oleh karena itu Allah berterima kasih kepadanya dan mengampuninya.” Para sahabat bertanya: “Wahai Rasulullah, apakah karena sebab menolong hewan tersebut kita mendapatkan pahala?” Beliau menjawab: “Setiap kebaikan yang ditujukan kepada makhluk hidup pasti ada pahalanya.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Coba kita perhatikan hadis di atas, sekedar sekali saja memberi minum hewan maka Allah ta’ala mengampuni dosanya, lantas bagaimana jika yang diberi air minum adalah manusia, dan ia memberinya hingga beberapa kali?

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam  bersabda: 

سَبْعٌ يَجْرِيْ لِلْعَبْدِ أَجْرُهُنَّ مِنْ بَعْدِ مَوْتِهِ وَهُوَ فِي قَبْرِهِ: مَنْ عَلَّمَ عِلْمًا، أَوْ أَجْرَى نَهْرًا، أَوْ حَفَرَ بِئْرًا، أَوَ غَرَسَ نَخْلًا، أَوْ بَنَى مَسْجِدًا، أَوْ وَرَثَ مُصْحَفًا، أَوْ تَرَكَ وَلَدًا يَسْتَغْفِرُ لَهُ بَعْدَ مَوْتِهِ.

Ada tujuh perkara yang terus mengalir pahalanya bagi seorang hamba meski ia telah meninggal dunia di dalam kuburnya: siapa yang mengajarkan ilmu, mengalirkan sungai, menggali sumur, menanam pohon kurma, membangun masjid, mewariskan mushaf, atau meninggalkan anak yang beristighfar baginya sepeninggalkanya. (Hadis hasan riwayat al-Bazzar)

Jika pada hadis pertama orang yang sekedar memberi minum akan diampuni dosanya, lantas bagaimana dengan orang yang menggali sumur, membuat sumur, memberi biaya untuk membuat sumur, yang manfaatnya bisa dirasakan oleh banyak manusia?!

Saudaraku, “Sekali-kali janganlah engkau meremehkan kebaikan,” bisa jadi satu botol air mineral yang engkau berikan kepada saudaramu yang kehausan, akan menjadi penghapus bagi dosa-dosamu.

Semoga Allah senantiasa membimbing kita untuk ringan tangan dalam membantu saudara kita dan semoga Allah menerima amal ibadah kita. Aamiin.

✅ Bagian Indonesia
🏠 ICC DAMMAM KSA
📱 +966556288679
==================
📅 [ 26/04/1436 H ]

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post