ISLAM itu indah-----ISLAM itu sempurna dan ISLAM itu rahmatan lil 'alamin-----JANGAN Hanya menilai ISLAM dari pengikut / umatnya...!-----tapi Nilai lah ISLAM dari ajarannya...!-----Pelajarilah...!-----Jika Tidak Tahu Bertanyalah Pada Ahlinya-----maka anda akan mengetahui betapa menakjubkanya Islam bagi kehidupan manusia

Senin, 02 Februari 2015

DOA SEBELUM TIDUR (bagian ke-1)

Ada beberapa lafal doa sebelum tidur yang telah disampaikan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam kepada kita. Di antaranya satu lafal yang akan kita bahas secara ringkas di bawah ini. Dan ternyata untuk satu lafal tersebut memiliki beberapa sifat. Berikut penjelasan singkatnya. Semoga bermanfaat.

[1]. SIFAT PERTAMA

كَانَ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَخَذَ مَضْجَعَهُ مِنَ اللَّيْلِ وَضَعَ يَدَهُ تَحْتَ خَدِّهِ ثُمَّ يَقُوْلُ ((بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَحْيَا وَبِاسْمِكَ أَمُوْتُ))

Dahulu Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam apabila hendak tidur malam beliau meletakkan tangannya di bawah pipinya kemudian mengucapkan:"Dengan menyebut nama-Mu, ya Allah, aku hidup dan dengan menyebut nama-Mu pula aku mati".
Hadis sahih. Lihat kitab Sahih al-Jami' ash-Shaghir, no: 4650, dari Hudzaifah.

[2]. SIFAT KEDUA

‌كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَنَامَ قَالَ ((بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَمُوْتُ وَأَحْيَا))

Dahulu Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam apabila hendak tidur beliau mengucapkan:"Dengan menyebut nama-Mu ya Allah aku mati dan hidup".
Hadis sahih. Diriwayatkan oleh al-Bukhari dalam kitab Sahih-nya, no: 6324, juga kitabnya al-Adabul Mufrad, no: 915. Syaikh al Albani berkomentar: Sahih. Lihat: Sahih al-Adab al-Mufrad, no 1205, ash-Sahihah, no: 2754.

[3]. SIFAT KETIGA

 أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا أَخَذَ مَضْجَعَهُ قَالَ (( اللّهُمَّ بِاسْمِكَ أَحْيَا وَ بِاسْمِكَ أَمُوْتُ ))

Dari al-Bara' bahwasannya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dahulu apabila hendak tidur beliau mengucapkan:"Ya Allah, dengan menyebut nama-Mu aku hidup dan dengan menyebut nama-Mu aku mati." 

Hadis sahih. Diriwayatkan oleh Muslim, no: 2711 dari al Bara' bin 'Azib.

[4]. SIFAT KEEMPAT

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَخَذَ مَضْجَعَهُ مِنَ اللَّيْلِ وَضَعَ يَدَهُ تَحْتَ خَدِّهِ ثُمَّ يَقُوْلُ ((اللَّهُمَّ بِاسْمِكَ أَمُوْتُ وَأَحْيَا))

Dahulu Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam apabila hendak tidur malam beliau meletakkan tangannya di bawah pipinya kemudian mengucapkan:"Ya Allah, dengan menyebut nama-Mu aku mati dan hidup".

Hadis sahih. Diriwayatkan oleh al-Bukhari, no: 6314, 6325, dari Hudzaifah.
Dalam riwayat Abu Dawud disebutkan dengan lafal:

اللَّهُمَّ بِاسْمِكَ أَحْيَا وَأَمُوْتُ

"Ya Allah, dengan menyebut nama-Mu aku hidup dan mati".
Hadis sahih. Lihat Sahih Sunan Abu Dawud, no: 5049.

[5]. SIFAT KELIMA

كَانَ النَّبِيُ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَوَى إِلَى فِرَاشِهِ قَالَ ((بِاسْمِكَ أَمُوْتُ وَأَحْيَا))

Dahulu Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam apabila pergi ke tempat tidurnya ia berkata:"Dengan menyebut nama-Mu aku mati dan hidup".
Hadis sahih. Diriwayatkan oleh al-Bukhari, no: 6312, dari Hudzaifah. Lihat: ash Sahihah, no: 2754.
Dalam riwayat al-Bukhari yang lain, no: 7395, disebutkan dengan lafal bentuk jamak, riwayat tersebut berbunyi:
(( بِاسْمِكَ نَمُوْتُ وَ نَحْيَا )) 
"Dengan menyebut nama-Mu kami mati dan hidup".

◆ KESIMPULAN 
Dari beberapa hadis di atas dapat disimpulkan, bahwa doa sebelum tidur dengan lafal di atas memiliki banyak sifat, di antaranya sebagaimana yang telah dijabarkan. Silahkan memilih doa yang paling mudah dan paling praktis untuk dibaca sebelum tidur.
Semoga kita dimudahkan untuk menerapkan sunnah Nabi shallallahu alaihi wa sallam yang satu ini khususnya dan sunnah-sunnah yang lainnya. Aamiin.

Bagian Indonesia
ICC DAMMAM KSA
0556288679

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post