ISLAM itu indah-----ISLAM itu sempurna dan ISLAM itu rahmatan lil 'alamin-----JANGAN Hanya menilai ISLAM dari pengikut / umatnya...!-----tapi Nilai lah ISLAM dari ajarannya...!-----Pelajarilah...!-----Jika Tidak Tahu Bertanyalah Pada Ahlinya-----maka anda akan mengetahui betapa menakjubkanya Islam bagi kehidupan manusia

Senin, 21 September 2015

Adab Menuju Tempat Shalat id

Bismillaahirrahmaanirrahiim

🌴🐑RISALAH IDUL ADHA🐑🌴

🌟Adab Ketika Menuju Lapangan

💠 Berangkat dan pulang nya mengambil jalan yang berbeda.
⭐Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu anhuma, bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam ketika hari raya mengambil jalan yang berbeda (ketika berangkat dan pulang).
📔(HR. Al-Bukhari)
💠Dianjurkan bagi makmum untuk datang di lapangan lebih awal. ⭐Adapun imam, dianjurkan untuk datang agak akhir sampai waktu shalat dimulai, karena imam itu ditunggu bukan menunggu. Demikianlah yang terjadi di zaman Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersama para sahabat.
💠Bertakbir sejak dari rumah hingga tiba di lapangan.
⭐Termasuk sunnah, ber takbir di jalan menuju lapangan dengan mengang kat suara. Adapun para wanita maka dianjurkan tidak mengeraskannya, sehingga tidak didengar laki-laki. 
⭐Dari Ibnu Abi Dzibin dari Az-Zuhri, bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam berangkat shalat Idul Fitri dan beliau bertakbir sampai tiba di lapangan. Setelah selesai shalat, beliau memutus takbir.
📔(HR. Ibnu Abi Syaibah; dishahihkan Al-Albani)
⭐Riwayat yang shahih dari Ibnu Umar, bahwa beliau mengeraskan bacaan takbir pada saat Idul Fitri dan Idul Adha ketika menuju lapangan, sampai imam datang.
📔(HR. Ad-Daruquthni dan Al-Faryabi; dishahihkan Al-Albani) 
⭐Riwayat dari Muhammad bin Ibrahim, bahwa Abu Qatadah radhiyallahu anhu berangkat shalat Id dan beliau bertakbir hingga tiba di lapangan.
📔(HR. Al-Faryabi dalam Ahkamul Idain)
💠Tidak boleh membawa senjata, kecuali terpaksa.
⭐Dari Said bin Jubair, beliau mengatakan, “Kami bersama Ibnu Umar. Tiba-tiba dia terkena ujung tombak di bagian telapak kakinya, maka aku pun turun dari kendaraan dan banyak orang menjenguk nya. Ada orang yang ber tanya, Bolehkah kami tahu, siapa yang melukaimu? Ibnu Umar menunjuk orang itu, Kamu yang melukaiku, karena kamu membawa di hari yang tidak boleh membawa senjata....
📔(HR. Al-Bukhari)
⭐Al-Hasan Al-Bashri mengatakan, “Mereka dilarang untuk membawa senjata di hari raya, kecuali jika mereka takut ada musuh.
📔(HR. Al-Bukhari secara muallaq)

•√ Wallahu Ta'ala A'lam                                                                                          •√ Semoga Bermanfaat
•√ Silakan di sebarkan

طلب العلم C0046DA92                       
[ Ikhwan : 08125330488 ]
[ Akhwat : 081257735988 ]
[ Pin BBG : 7FBD331D ]
[ FB / IG : Mansyur Yusuf ]

disalin dari WA akhy try
Madiun
٨  زو الحجة ١٤٣٦ هــ
12:51 WIB

el kanzu

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post