ISLAM itu indah-----ISLAM itu sempurna dan ISLAM itu rahmatan lil 'alamin-----JANGAN Hanya menilai ISLAM dari pengikut / umatnya...!-----tapi Nilai lah ISLAM dari ajarannya...!-----Pelajarilah...!-----Jika Tidak Tahu Bertanyalah Pada Ahlinya-----maka anda akan mengetahui betapa menakjubkanya Islam bagi kehidupan manusia

Selasa, 22 September 2015

Tata Cara Shalat Id

Bismillaahirrahmaanirrahiim

🌴🐑RISALAH IDUL ADHA🐑🌴

🌟Tata Cara Sholat Id

💠Pertama, adanya sutrah (pembatas shalat) bagi imam.

🔶Dari Ibnu Umar radhiyallahu anhuma, bahwa ketika Nabi shallallahu alaihi wa sallam menuju lapangan pada hari raya, beliau memerintahkan untuk menancapkan bayonet di depan beliau, kemudian beliau shalat menghadap ke benda tersebut.
📔(HR. Al-Bukhari)

💠Kedua, shalat Id sebanyak dua rakaat.

🔶Umar bin Khathab mengatakan,“Shalat jumat sebanyak dua rakaat, shalat Idul Fitri sebanyak dua rakaat, shalat Idul Adha sebanyak dua rakaat....
📔(HR. Ahmad dan An-Nasai; dishahihkan Al-Albani)

💠Ketiga, shalat dilaksana kan sebelum khutbah.

🔶Dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhuma, beliau mengatakan, “Saya mengikuti shalat Id bersama Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, Abu bakar, Umar, dan Utsman radhiyallahu anhum. Mereka semua melaksanakan shalat sebelum khutbah.
📔(HR. Al-Bukhari dan Muslim)

💠Keempat, takbir ketika shalat id.

🔶Takbiratul ihram di rakaat pertama, lalu mem baca doa iftitah, kemudian bertakbir tujuh kali. Di rakaat kedua, setelah takbir intiqal, berdiri dari sujud, kemudian bertakbir lima kali.

🌸Dari Aisyah radhiyallahu anha, bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam bertakbir ketika Idul Fitri dan Idul Adha, di rakaat pertama tujuh kali takbir dan lima kalli takbir di rakaat kedua, selain takbir rukuk di masing-masing rakaat.
📔(HR. Abu Daud dan Ibnu Majah; dishahihkan Al-Albani)

🔶Dari Abdullah bin Amr bin Ash, bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Takbir ketika shalat Idul Fitri: tujuh kali takbir di rakaat pertama dan lima kali takbir di rakaat kedua, dan ada bacaan di masing-masing rakaat.
📔(HR. Abu Daud dan At-Turmudzi;  dishahihkan Al-Albani)

🔶Al-Baghawi mengata kan, “Ini adalah pendapat mayoritas ulama dari kalangan sahabat maupun orang-orang setelahnya. Mereka bertakbir ketika shalat id: di rakaat pertama tujuh kali selain takbiratul ihram dan di rakaat kedua lima kali selain takbir bangkit dari sujud. Pendapat ini diriwayatkan dari Abu bakar, Umar, Ali.... Radhiyallahu anhum....
📔(Syarhus Sunnah: 4/309. dinukil dari Ahkamul Idain karya Syekh Ali Al-Halabi)

💠Kelima, mengangkat tangan ketika takbir tambahan.

🔶Syekh Ali bin Hasan Al-Halabi mengatakan, Tidak terdapat riwayat yang shahih dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam bahwa beliau mengangkat kedua tangan setiap takbir-takbir shalat id.
📔(Ahkamul Idain, hlm. 20)

🔶Akan tetapi, terdapat riwayat dari Ibnu Umar, bahwa beliau mengangkat kedua tangan setiap takbir tambahan shalat id.
📔(Zadul Maad: 1/425)

🔶Al-Faryabi menyebutkan riwayat dari Al-Walid bin Muslim, bahwa beliau ber tanya kepada Imam Malik tentang mengangkat tangan ketika takbir-takbir tambahan. Imam Malik menjawab, “Ya, angkatlah kedua tanganmu setiap takbir tambahan.... 📔(Riwayat Al-Faryabi; sanadnya dishahihkan Al-Albani)

✒Keterangan: Maksud takbir tambahan adalah takbir 7 kali pada rakaat pertama dan 5 kali pada rakaat kedua.

💠Keenam, zikir di sela-sela takbir tambahan.

🔶Syekh Ali bin Hasan Al-Halabi mengatakan, “Tidak terdapat riwayat yang shahih dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam tentang zikir tertentu di sela-sela takbir tambahan.
📔(Ahkamul Idain, hlm. 21)

🔶Meskipun demikian, terdapat riwayat yang shahih dari Ibnu Masud radhiyallahu anhu. Beliau menjelaskan tentang shalat id, “Di setiap sela-sela takbir tambahan dianjurkan membaca tahmid dan memuji Allah.
📔(HR. Al-Baihaqi; dishahihkan Al-Albani)

🔶Ibnul Qayyim mengata kan, “Disebutkan dari Ibnu Masud bahwa beliau menjelaskan, (Di setiap sela-sela takbir, dianjurkan) membaca hamdalah, memuji Allah, dan ber shalawat kepada Nabi shallallahu alaihi wa sallam.
📔(Zadul Maad: 1/425)

💠Ketujuh, bacaan ketika shalat.

🔶Setelah selesai takbir tambahan, membaca taawudz, membaca Al-Fatihah, kemudian mem baca surat dengan kombinasi berikut:

⭐1. Surat Qaf di rakaat pertama dan surat Al-Qamar di rakaat kedua.

⭐2. Surat Al-Ala di rakaat pertama dan surat Al-Ghasyiyah di rakaat kedua.

🔶Semua kombinasi tersebut terdapat dalam riwayat Muslim, An-Nasai, dan At-Turmudzi.

💠Kedelapan, tata cara selanjutnya.

🔶Tata cara shalat Id selanjutnya sama dengan shalat lainnya, dan tidak ada perbedaan sedikit pun.
📔(Ahkamul Idain, hlm. 22)

•√ Wallahu Ta'ala A'lam                                                                                          •√ Semoga Bermanfaat
•√ Silakan di sebarkan

طلب العلم C0046DA92                       
[ Ikhwan : 08125330488 ]
[ Akhwat : 081257735988 ]
[ Pin BBG : 7FBD331D ]
[ FB / IG : Mansyur Yusuf ]

disalin dari WA akhy try
Madiun
٩  زو الحجة ١٤٣٦ هــ
19:28 WIB

el kanzu

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post