ISLAM itu indah-----ISLAM itu sempurna dan ISLAM itu rahmatan lil 'alamin-----JANGAN Hanya menilai ISLAM dari pengikut / umatnya...!-----tapi Nilai lah ISLAM dari ajarannya...!-----Pelajarilah...!-----Jika Tidak Tahu Bertanyalah Pada Ahlinya-----maka anda akan mengetahui betapa menakjubkanya Islam bagi kehidupan manusia

Selasa, 22 September 2015

Sunnah-sunnah ketika di tempat Shalat id

Bismillaahirrahmaanirrahiim

🌴🐑RISALAH IDUL ADHA🐑🌴

🌟Sunnah-sunnah Ketika Di Lapangan

💠Mengeraskan bacaan takbir sampai imam datang (mulai shalat).
⭐Dari Nafi, bahwa Ibnu Umar mengeraskan bacaan takbir pada saat Idul Fitri dan Idul Adha ketika menuju lapangan, sampai imam datang.
📔(HR. Ad-Daruquthni dan Al-Faryabi;  dishahihkan Al-Albani)
⭐Dari Al-Walid, bahwa beliau bertanya kepada Al-Auzai dan Imam Malik tentang mengeraskan takbir ketika hari raya. Keduanya menjawab, “Ya, boleh. Abdullah bin Umar menge raskan takbir ketika Idul Fitri sampai imam keluar.
📔(HR. Al-Faryabi)
💠Tidak ada azan dan iqamat ketika hendak shalat.
⭐Dari Jabir bin Samurah radhiyallahu anhu, beliau mengatakan, “Saya shalat hari raya bersama Nabi shallallahu alaihi wa sallam beberapa kali, tidak ada azan dan iqamat.
📔(HR. Muslim)
⭐Ibnu Abbas dan Jabir bin Abdillah mengatakan, “Tidak ada azan ketika Idul Fitri dan tidak juga Idul Adha.
📔(HR. Al-Bukhari dan Muslim)
💠Tidak ada shalat sunnah qabliyah dan badiyah di lapangan.
⭐Dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhuma, bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam menuju lapangan ketika Idul Fitri, kemudian beliau shalat dua rakaat. Beliau tidak shalat sunnah sebelum maupun sesudahnya, dan beliau bersama Bilal.
📔(HR. Al-Bukhari dan Al-Baihaqi)
⭐Imam Ibnul Qayyim mengatakan, “Nabi shallallahu alaihi wa sallam maupun para sahabat tidak melakukan shalat apa pun setelah mereka sampai di lapangan, baik sebelum shalat Id maupun sesudahnya.
📔(Zadul Maad: 1/425)

📝Catatan:
🔶Dibolehkan untuk melaksanakan shalat sunnah setelah tiba di rumah.
Dari Abu Said Al-Khudri, bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam tidak melaksanakan shalat sunnah apa pun sebelum shalat id. Setelah pulang ke rumah, beliau shalat dua rakaat.
📔(HR. Ibnu Majah; dishahihkan Al-Albani)
🔶Orang yang shalat Id di mesjid tetap disyariatkan untuk melaksanakan shalat tahiyatul mesjid, mengingat sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam, “Apabila kalian masuk mesjid maka jangan duduk sampai (kalian) shalat dua rakaat. Demikian penjelasan Syekh Abdul Aziz bin Baz.
📔(Shalatul Aidain karya Said Al-Qahthani)

•√ Wallahu Ta'ala A'lam                                                                                          •√ Semoga Bermanfaat
•√ Silakan di sebarkan

طلب العلم C0046DA92                       
[ Ikhwan : 08125330488 ]
[ Akhwat : 081257735988 ]
[ Pin BBG : 7FBD331D ]
[ FB / IG : Mansyur Yusuf ]

disalin dari WA akhy try
Madiun
٩  زو الحجة ١٤٣٦ هــ
19:23 WIB

el kanzu

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post