ISLAM itu indah-----ISLAM itu sempurna dan ISLAM itu rahmatan lil 'alamin-----JANGAN Hanya menilai ISLAM dari pengikut / umatnya...!-----tapi Nilai lah ISLAM dari ajarannya...!-----Pelajarilah...!-----Jika Tidak Tahu Bertanyalah Pada Ahlinya-----maka anda akan mengetahui betapa menakjubkanya Islam bagi kehidupan manusia

Senin, 21 September 2015

Tempat Pelaksanaan shalat id

Bismillaahirrahmaanirrahiim

🌴🐑RISALAH IDUL ADHA🐑🌴

🌟Tempat Pelaksanaan Sholat Id

💠Ketika di Mekkah
👉Tempat pelaksanaan shalat Id di Mekkah yang paling afdhal adalah di Masjidil Haram karena semua ulama senantiasa melaksanakan shalat Id di Masjidil Haram ketika di Mekkah. 
⭐Imam An-Nawawi mengatakan, “...Ketika di Mekkah, maka Masjidil Haram paling afdhal (untuk tempat shalat id), tanpa ada perselisihan di kalangan ulama.
📔(Al-Majmu Syarah Al-Muhadzab: 5/524)

💠Di luar Mekkah
👉Tempat shalat Id yang sesuai sunnah adalah lapangan, kecuali jika ada halangan, seperti hujan atau halangan lainnya. 
⭐Dari Abu Said Al-Khudri, bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam keluar menuju lapangan ketika Idul Fitri dan Idul Adha. Yang pertama kali beliau lakukan adalah shalat id.
📔(HR. Al-Bukhari dan Muslim)
⭐Ibnul Haj Al-Makki mengatakan, “...Sunnah yang berlaku sejak dulu terkait shalat Id adalah dilaksanakan di lapangan, karena Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, Shalat di mesjidku (Masjid Nabawi) lebih utama dari pada seribu kali shalat di selain mesjidku, kecuali Masjidil Haram. Meskipun memiliki keutamaan yang sangat besar, Nabi shallallahu alaihi wa sallam tetap keluar menuju lapangan dan meninggal kan mesjid.
📔(Al-Madkhal: 2/438)

✒Catatan:

🔶Dianjurkan bagi imam untuk menunjuk salah se orang agar menjadi imam shalat Id di mesjid bagi orang yang lemah (tidak mampu keluar menuju lapangan), sebagaimana yang dilakukan Ali bin Abi Thalib radhiyallahu anhu, yang diriwayatkan Ibnu Abi Syaibah. 

•√ Wallahu Ta'ala A'lam                                                                                          •√ Semoga Bermanfaat
•√ Silakan di sebarkan

طلب العلم C0046DA92                       
[ Ikhwan : 08125330488 ]
[ Akhwat : 081257735988 ]
[ Pin BBG : 7FBD331D ]
[ FB / IG : Mansyur Yusuf ]

disalin dari WA akhy try
Madiun
٨  زو الحجة ١٤٣٦ هــ
12:46 WIB

el kanzu

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post