ISLAM itu indah-----ISLAM itu sempurna dan ISLAM itu rahmatan lil 'alamin-----JANGAN Hanya menilai ISLAM dari pengikut / umatnya...!-----tapi Nilai lah ISLAM dari ajarannya...!-----Pelajarilah...!-----Jika Tidak Tahu Bertanyalah Pada Ahlinya-----maka anda akan mengetahui betapa menakjubkanya Islam bagi kehidupan manusia

Senin, 21 September 2015

Adab Shalat id

Bismillaahirrahmaanirrahiim

🌴🐑RISALAH IDUL ADHA🐑🌴

🌟Adab Sholat Id

🔶Mandi pada hari id.
Dari Nafi, bahwa Ibnu Umar radhiyallahu anhuma mandi pada hari Idul Fitri sebelum berangkat ke lapangan.
📔(HR. Malik dan Asy-Syafii; sanadnya shahih)
Al-Faryabi menyebutkan bahwa Said bin Al-Musayyib mengatakan, “Sunnah ketika Idul Fitri ada tiga: berjalan menuju lapangan, makan sebelum keluar (menuju lapangan), dan mandi.
📔(Ahkamul Idain karya Al-Faryabi; sanadnya dishahih kan Al-Albani)
📝Catatan: Dibolehkan untuk memulai mandi hari raya sebelum atau sesudah subuh. Ini adalah pendapat yang kuat dalam Mazhab Syafiiyyah dan pendapat yang dinukil dari Imam Ahmad. Allahu alam.
🔶Berhias dan memakai wewangian.
Dari Ibnu Abbas, bahwa pada suatu saat di hari Jumat, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya hari ini adalah hari raya yang Allah jadikan untuk kaum muslimin. Barangsiapa yang hadir jumatan, hendak nya dia mandi. Jika dia punya wewangian, hendak nya dia gunakan, dan kalian harus menggosok gigi.
📔(HR. Ibnu Majah; dihasankan Al-Albani)
🔶Memakai pakaian yang paling bagus.
Dari Jabir bin Abdillah, beliau mengatakan, “Nabi shallallahu alaihi wa sallam memiliki jubah yang beliau gunakan ketika hari raya dan hari Jumat.
📔(HR. Ibnu Khuzaimah dan kitab Shahihnya)
Dari Ibnu Umar, beliau mengatakan, “Umar bin Khathab pernah mengambil jubah dari sutra yang dibeli di pasar, kemudian dia datang kepada Nabi shallallahu alaihi wa sallam, Wahai Rasulullah, saya membeli ini sehingga engkau bisa berhias dengan nya ketika hari raya dan ketika menyambut tamu. Namun Nabi shallallahu alaihi wa sallam menolak nya karena baju itu terbuat dari sutra.
📔(HR. Al-Bukhari, Muslim, dan An-Nasai) 
Imam As-Sindi mengata kan, “Dari hadits disimpul kan bahwa berhias ketika hari raya merupakan kebiasaan yang mengakar di kalangan mereka (Nabi shallallahu alaihi wa sallam dan para sahabat), dan Nabi shallallahu alaihi wa sallam tidak mengingkari nya, yang artinya kebiasaan itu tetap belaku....
📔(Hasyiah As-Sindy ala An-Nasai: 3/181)

🔶Tidak makan sebelum berangkat shalat Idul Adha.
Dari Buraidah, beliau ber kata, “Nabi shallallahu alaihi wa sallam tidak berangkat menuju shalat Idul Fitri sampai beliau makan terlebih dahulu. Ketika Idul Adha, beliau tidak makan sampai shalat dahulu.
📔(HR. At-Turmudzi dan Ibnu Majah; dishahihkan Al-Albani)
🔶Menuju lapangan sambil berjalan dengan penuh ke tenangan dan ketundukan.
Dari Saad radhiyallahu anhu, bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam keluar menuju lapangan dengan berjalan kaki, dan beliau pulang juga dengan berjalan.
📔(HR. Ibnu Majah; dishahihkan Al-Albani)
Ali bin Abi Thalib radhiyallahu anhu mengatakan, “Termasuk sunnah: keluar menuju lapangan dengan jalan kaki dan makan sebelum berangkat (Idul Fitri).
📔(HR. At-Turmudzi dan Ibnu Majah; dishahihkan Al-Albani)

•√ Wallahu Ta'ala A'lam                                                                                          •√ Semoga Bermanfaat
•√ Silakan di sebarkan

طلب العلم C0046DA92                       
[ Ikhwan : 08125330488 ]
[ Akhwat : 081257735988 ]
[ Pin BBG : 7FBD331D ]
[ FB / IG : Mansyur Yusuf ]

disalin dari WA akhy try
Madiun ٨  زو الحجة ١٤٣٦ هــ  12:43 WIB.

el kanzu

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post