ISLAM itu indah-----ISLAM itu sempurna dan ISLAM itu rahmatan lil 'alamin-----JANGAN Hanya menilai ISLAM dari pengikut / umatnya...!-----tapi Nilai lah ISLAM dari ajarannya...!-----Pelajarilah...!-----Jika Tidak Tahu Bertanyalah Pada Ahlinya-----maka anda akan mengetahui betapa menakjubkanya Islam bagi kehidupan manusia

Selasa, 22 September 2015

Pengertian Qurban

Bismillaahirrahmaanirrahiim

🌴🐑RISALAH QURBAN🐑🌴

🌟Pengertian Qurban

🔷Qurban, dalam bahasa arab, disebut “udh-hiyah . Secara istilah, udh-hiyah artinya: binatang dari jenis unta, sapi, dan kambing, yang disembelih ketika hari raya qurban dan hari-hari tasyriq, dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah. 

🌟Hukum Berqurban

🔷Ulama berselisih pendapat tentang hukum berqurban bagi orang yang memiliki kelapangan. Ada yang berpendapat wajib dan ada yang berpendapat sunnah muakkad.

🔷Setelah menyebutkan dalil-dalil dan alasan masing-masing mazhab, Syekh Muhammad Al-Amin Asy-Syinqithi mengatakan, “Sangat ditekankan bagi setiap orang untuk keluar dari perselisihan ini. 🔷(Caranya adalah) hendaknya dia tidak meninggalkan berqurban sementara dia mampu..., karena dengan berqurban dia bisa lebih tenang dan dia telah melepaskan tanggungannya.
📔(Adwa`ul Bayan: 5/215)

🌟Berqurban, Lebih Baik dari Bersedekah Senilai Hewan Yang Di qurbankan

🔶Syekhul Islam Ibnu Taimiyah mengatakan, “Qurban, aqiqah, dan hadyu yang sunnah, itu lebih baik daripada sedekah seharga hewannya.
📔(Majmu Fatawa: 6/304) 

✒Keterangan: Hadyu adalah hewan yang disembelih di Mekkah ketika Idul Adha dan hari taysriq karena melaksana kan haji tamattu atau qiran.

Alasannya adalah karena dalam berqurban dan menumpahkan darah hewan dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah terkandung makna mengagungkan Allah dan menonjolkan syariat agama, selain itu juga karena berqurban merupakan amalan yang sesuai dengan sunnah Nabi shallallahu alaihi wa sallam. 

•√ Wallahu Ta'ala A'lam                                                                                          •√ Semoga Bermanfaat
•√ Silakan di sebarkan

طلب العلم C0046DA92                       
[ Ikhwan : 08125330488 ]
[ Akhwat : 081257735988 ]
[ Pin BBG : 7FBD331D ]
[ FB/IG/Line : Mansyur Yusuf ]

disalin dari WA akhy try
Madiun
٩  زو الحجة ١٤٣٦ هــ
08:52 WIB

el kanzu

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post