ISLAM itu indah-----ISLAM itu sempurna dan ISLAM itu rahmatan lil 'alamin-----JANGAN Hanya menilai ISLAM dari pengikut / umatnya...!-----tapi Nilai lah ISLAM dari ajarannya...!-----Pelajarilah...!-----Jika Tidak Tahu Bertanyalah Pada Ahlinya-----maka anda akan mengetahui betapa menakjubkanya Islam bagi kehidupan manusia

Senin, 21 September 2015

Waktu Shalat id

Bismillaahirrahmaanirrahiim

🌴🐑RISALAH IDUL ADHA🐑🌴

🌟Waktu Sholat Id

💠Dari Yazid bin Khumair, beliau mengatakan, “Suatu ketika Abdullah bin Busr, salah seorang sahabat Nabi shallallahu alaihi wa sallam keluar bersama masyarakat menuju lapangan shalat id, kemudian beliau meng ingkari keterlambatan imam. Beliau mengatakan, Kami dulu telah selesai dari kegiatan ini (shalat id) pada waktu shalat sunnah sudah dibolehkan.
📔(HR. Al-Bukhari secara muallaq dan Abu Daud dengan sanad shahih)

✒Keterangan: Maksud “waktu saat shalat sunnah sudah dibolehkan adalah setelah berlalunya waktu larangan untuk shalat, yaitu ketika matahari terbit.

💠Imam Ibnul Qayyim mengatakan, “Beliau meng akhirkan shalat Idul Fitri dan menyegerakan shalat Idul Adha. Ibnu Umar --orang yang sangat antusias mengikuti sunnah-- tidak keluar menuju lapangan sampai matahari terbit. Beliau melantunkan takbir sejak dari rumah sampai tiba di lapangan.
📔(Zadul Maad: 1/425)

💠Syekh Abu Bakar Al-Jazairi mengatakan, “Waktu mulainya shalat Id adalah sejak matahari naik setinggi tombak sampai tergelincir. Namun yang lebih utama adalah shalat Idul Adha dilaksanakan di awal waktu sehingga me mungkinkan bagi masya rakat menyelesaikan sembelihannya, dan meng akhirkan pelaksanaan shalat Idul Fitri sehingga memungkinkan bagi masyarakat untuk memba gikan zakat fitrinya.
📔(Minhajul Muslim, hlm. 278)

•√ Wallahu Ta'ala A'lam                                                                                          •√ Semoga Bermanfaat
•√ Silakan di sebarkan

طلب العلم C0046DA92                       
[ Ikhwan : 08125330488 ]
[ Akhwat : 081257735988 ]
[ Pin BBG : 7FBD331D ]
[ FB / IG : Mansyur Yusuf ]

disalin dari WA akhy try
Madiun ٨  زو الحجة ١٤٣٦ هــ  12:45 WIB.

el kanzu

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post