ISLAM itu indah-----ISLAM itu sempurna dan ISLAM itu rahmatan lil 'alamin-----JANGAN Hanya menilai ISLAM dari pengikut / umatnya...!-----tapi Nilai lah ISLAM dari ajarannya...!-----Pelajarilah...!-----Jika Tidak Tahu Bertanyalah Pada Ahlinya-----maka anda akan mengetahui betapa menakjubkanya Islam bagi kehidupan manusia

Selasa, 22 September 2015

Hari Raya Bertepatan Hari Jumat

Bismillaahirrahmaanirrahiim

🌴🐑RISALAH IDUL ADHA🐑🌴

🌟Id Bertepatan Hari Jum'at

💠Apabila hari raya ber barengan dengan hari Jumat maka kaum lelaki diberi keringanan untuk tidak menghadiri shalat jumat. 

🔶Dari Muawiyah radhiyallahu anhu, bahwa beliau bertanya kepada Zaid bin Arqam radhiyallahu anhu, “Apakah kamu pernah mengalami hari raya bersama Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang bertepatan dengan hari Jumat? Zaid menjawab, “Ya. Muawiyah bertanya, “Apa yang beliau lakukan? Zaid menjawab, “Beliau shalat Id dan memberi keringanan untuk tidak hadir shalat jumat. Beliau bersabda, “Barangsiapa yang ingin shalat jumat, silakan shalat jumat.
📔(HR. Abu Daud; dishahihkan Al-Albani)

🔶Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Telah terkumpul di hari kalian ini dua hari raya. Barangsiapa yang ingin meninggalkan jumatan maka shalat Id ini telah cukup baginya untuk meninggalkan shalat jumat. Namun kami akan melaksanakan shalat jumat.
📔(HR. Abu Daud dan An-Nasai; dishahihkan Al-Albani)

🔶Dari Ibnu Umar radhiyallahu anhuma, bahwa suatu ketika terkum pul dua hari raya (dalam sehari) di zaman Nabi shallallahu alaihi wasallam. Kemudian beliau meng imami masyarakat dan bersabda, “Barangsiapa yang ingin mendatangi shalat jumat maka silakan datang, dan barangsiapa yang ingin tidak shalat jumat silakan tidak shalat jumat.
📔(HR. Ibnu Majah; dishahihkan Al-Albani)

✒Keterangan:

🔷Yang dimaksud “dua hari raya pada hadits-hadits di atas adalah hari raya Idul Adha dan hari Jumat. 
🔷Keringanan meninggalkan shalat jumat hanya khusus untuk orang yang sudah melaksanakan shalat id. Adapun bagi yang tidak melaksanakan shalat id, dia wajib mengikuti shalat jumat. Sebagaimana yang ditunjukkan oleh hadits dari Muawiyah dan hadits Abu Hurairah radhiyallahu anhuma.
🔷Bagi orang yang tidak melaksanakan shalat jumat, maka wajib baginya melaksanakan shalat zuhur empat rakaat, karena shalat zuhur adalah kewajiban asal ketika tidak shalat jumat.
🔶Imam Ibnu Qudamah mengatakan, “Bagi petugas shalat jumat (yaitu khatib dan muazin), kewajiban shalat jumatnya tidak gugur, menurut pendapat yang benar. Berdasarkan sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam, “Namun kami akan melaksanakan jumatan. Jika khatib dan petugas jumatan tidak datang, ini akan mengha langi orang lain yang wajib mengikuti jumatan (mendengarkan khutbah jumat dan mendirikan shalat jumat) untuk melak sanakan jumatan, berbeda dengan masyarakat umum yang boleh tidak jumatan.
📔(Al-Mughni: 2/212, Ibnu Qudamah)

•√ Wallahu Ta'ala A'lam                                                                                          •√ Semoga Bermanfaat
•√ Silakan di sebarkan

طلب العلم C0046DA92                       
[ Ikhwan : 08125330488 ]
[ Akhwat : 081257735988 ]
[ Pin BBG : 7FBD331D ]
[ FB/IG/Line : Mansyur Yusuf ]

disalin dari WA akhy try
Madiun
٩  زو الحجة ١٤٣٦ هــ
19:42 WIB

el kanzu

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post